Peristiwa Daerah

Pemuda Muhammadiyah Pamekasan Dukung Program TokoMu

Senin, 22 Februari 2021 - 21:27 | 67.48k
Pemuda Muhammadiyah Kabupaten Pamekasan, Hudan Nashihin. (Foto: Akhmad Syafi'i/TIMES Indonesia)
Pemuda Muhammadiyah Kabupaten Pamekasan, Hudan Nashihin. (Foto: Akhmad Syafi'i/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, PAMEKASAN – Ketua Pemuda Muhammadiyah Pamekasan mendukung terhadap program Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) yang akan mengembangkan bisnis ritel dan akan membuka TokoMu di setiap desa seluruh Indonesia.

Sementara nama toko yang diberi nama Toko Muhammadiyah (TokoMu) tersebut punya misi besar untuk menghadirkan TokoMu di setiap ranting yang ada di desa.

Pemuda Muhammadiyah Kabupaten Pamekasan, Hudan Nashihin mengatakan dalam waktu dekat ini dirinya akan melakukan koordinasi dengan pengurus daerah dan akan melakukan koordinasi dengan pihak Muhammadiyah pusat.

"Sementara untuk lahan di Pamekasan sudah ada, jadi kalau Muhammaddiyah pusat mewajibkan maka Pamekasan siap untuk membuka TokoMu," kata Hudan.

Pemuda asal Tlanakan Pamekasan tersebut menyampaikan bahwa dirasa sangat penting untuk membuka bisnis seperti jualan Sembako terutama pada masa pandemi Covid-19.

"Mudah-mudahan program TokoMu dapat membantu membangun perekonomian mandiri sehingga Muhammadiyah bisa mengembangkan Islam berkemajuan," kata Hudan kepada TIMES Indonesia.

Sebelumnya, Sekretaris Majelis Ekonomi dan Kewirausaan (MEK) Pimpinan Wilayah  Muhammadiyah (PWM) DIY, Jumarudin menjelaskan wujud TokoMu dapat beragam mulai dari berwujud toko sembako, toko kelontong maupun toko modern.

Selanjutnya, Pihaknya menekankan, seluruh program terkait bisnis ritel ini merupakan implentasi dari salah satu hasil Mutamar Muhammadiyah ke-47 di Makassar pada 2015 lalu terkait kemandirian di bidang ekonomi. 

"Kemandirian ini dinilai sangat diperlukan demi memperlancar perwujudan visi dan misi dari Muhammadiyah dalam mengembangkan Islam berkemajuan," lanjut Jamarudin dalam keterangan tertulis yang diterima TIMES Indonesia di Jakarta, Senin (22/2/2021).

TokoMu yang telah berdiri dan menjadi pilot porject terdapat di Kota Bandung yang dikembangkan oleh Jaringan Suadagar Muhammadiyah (JSM). Toko itu didirikan pada awal tahun ini dan rencananya TokoMU berikutnya akan didirikan di DIY. 

"Saya berharap tahun ini sudah terdapat satu TokoMu yang mulai beroperasi di DIY. Kemungkinan terbesar, TokoMu ini akan didirikan di lingkungan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY)," kata Jamarudin. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Irfan Anshori
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES