Politik

Anggota DPR RI Dedi Wahidi Usulkan Dana BOS bagi Pesantren dan Madin

Senin, 22 Februari 2021 - 20:48 | 67.68k
Dedi Wahidi Anggota DPR RI usulkan pemberian dana bantuan BOS untuk santri (Madin). (Foto: Dede Sofiyah/TIMES Indonesia)
Dedi Wahidi Anggota DPR RI usulkan pemberian dana bantuan BOS untuk santri (Madin). (Foto: Dede Sofiyah/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, CIREBON – Anggota DPR RI Dedi Wahidi mengusulkan pemberian dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) bagi santri di pesantren dan Madrasah Diniyah (Madin). Hal ini menjadi solusi atas keterbatasan beberapa pesantren yang belum tersentuh bantuan pemerintah.

Hal itu disampaikan pria yang akrab disapa Dewa ini saat reses di Kabupaten Cirebon, Senin (22/2/2021). "Kalau sekolah formal ada dana BOS, maka saya usulkan ada BOS untuk santri di pesantren dan Madin," ujar anggota Fraksi PKB tersebut.

DPR RI Dedi Wahidi 2

Reses dihadiri Ketua DPRD Kabupaten Cirebon Muhamad Lutfi, anggota Fraksi PKB DPRD Kabupaten Cirebon serta masyarakat bumi Sunan Gunung Jati.

Dewa mengaku prihatin saat ini masih banyak pesantren yang beroperasi dalam keterbatasan. Utamanya sejumlah pesantren salaf yang masih belum membebankan iuran wajib bagi santri.

"Padahal peran pesantren untuk membentuk karakter bangsa sangat besar. Salah satu buktinya adalah tidak ada tawuran di pesantren," ujar Anggota Dewan Syuro DPP PKB itu.

Dewa menceritakan, dirinya telah memperjuangkan beberapa usulan di ranah pendidikan. Diantaranya dana BOS SMA, dana Bantuan Siswa Miskin (BSM) hingga bantuan untuk pendidikan tinggi (KIP Kuliah).

Program BSM sendiri berlaku pada tahun 2013 hingga 2015 dan pada tahun 2016 berubah nama menjadi KIP/PIP. Sedangkan dana BOS bagi SMA dan MA mulai bergulir pada tahun 2013.

Adapun program Beasiswa Bidikmisi yang berlangsung pada 2013 - 2019, berubah nama pda 2020 berubah menjadi KIP Kuliah. 

"Dan BOS pesantren kita harapkan menjadikan pesantren lebih berdaya saing dan menjadi lebih sejahtera para tenaga pendidiknya," ujar Ketua Pembina Yayasan Pendidikan Darul Maarif Indramayu itu.

DPR RI Dedi Wahidi 3

Sementara itu, Ketua DPRD Kabupaten Cirebon Muhamad Lutfi mengapresiasi usulan yang disampaikan Dewa. Bagi dia, sudah saatnya pendidikan formal dan pesantren mendapatkan perhatian yang sama.

"Kami di DPRD siap menyambut pelaksanaannya di daerah sehingga tepat sasaran," ujar Lutfi yang juga Ketua DPC PKB Kabupaten Cirebon menanggapi usulan anggota DPR RI Dedi Wahidi soal Dana BOS bagi Pesantren. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Irfan Anshori
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES