Peristiwa Daerah

Partai Gelora Prediksi Lima Kebiasaan Baru Akan Terus Bertahan Pasca Pandemi Covid-19

Senin, 22 Februari 2021 - 20:33 | 31.41k
Ilustrasi - Pelaksanaan vaksinasi Covid-19 untuk tenaga medis di Surabaya. (Foto: Adhitya Hendra/Times Indonesia)
Ilustrasi - Pelaksanaan vaksinasi Covid-19 untuk tenaga medis di Surabaya. (Foto: Adhitya Hendra/Times Indonesia)

TIMESINDONESIA, SURABAYAPartai Gelora memprediksi bahwa pasca pandemi Covid-19, lima perilaku normalitas baru akan tetap berada di tengah-tengah masyarakat. Hal ini diungkapkan oleh Endy Kurniawan, Ketua DPN Partai Gelombang Rakyat (Gelora) Indonesia.

"Jadi yang perlu terus dilakukan oleh umat manusia adalah kewaspadaan dan menyiapkan anti-virus yang terus berkembang membentengi populasi," ungkapnya dalam keterangannya yang diterima TIMES Indonesia, Senin (22/2/2021).

Endy-Kurniawan.jpgEndy Kurniawan, Ketua DPN Partai Gelombang Rakyat (Gelora) Indonesia. (Foto: Gelora for Times Indonesia)

Vaksin Covid-19, kata Endy misalnya harus disuntikkan setiap enam, sembilan atau dua belas bulan sekali, tergantung kekuatan dan keampuhannya. Itupun vaksin mesti dikembangkan kemampuannya agar bisa melawan virus-virus baru yang terus bermutasi.

"Karena itu, setelah pandemi, situasi new normal akan sebagiannya bertahan, sebagiannya akan kembali ke situasi sebelum pandemi," katanya.

Menurut Endy, Covid-19 kemungkinan akan memiliki efek permanen pada cara manusia bekerja dan berinteraksi. Gaya baru manusia hidup, bersosialisasi, dan bergerak di dunia juga akan berbeda.

Michael Banissy, Profesor Psikologi di Goldsmith, Universitas London memperkirakan bahwa manusia akan lebih terbuka terhadap penggunaan teknologi dan robotika sosial.

"Tidak diragukan lagi bahwa akan ada banyak norma sosial baru, tetapi yang kita yakini, manusia adalah makhluk yang cenderung ingin bersosialisasi, berkumpul dan membicarakan banyak hal," ujar Banissy sebagaimana dikutip dari BBC.

Hal-hal yang ia prediksi akan bertahan setelah pandemi usai adalah mengenai cara kerja, konsumsi kebutuhan internet, operasional kantor. Pola belanja dan transaksi serta cara mengkonsumsi media.

Mengenai cara kerja, pandemi Covid-19 memaksa karyawan dan pengusaha mengelola tugas, target, dan timnya dari rumah atau work from home (WFH). 

Ketika perusahaan mengukur dampak WFH terhadap produktifitas kerja tak terjadi penurunan. maka HRD akan menimbang perlunya karyawan untuk tetap bekerja di kantor setelah situasi pulih.

"Optimalkan kerja di rumah, kurangi kerja di kantor. Tunjangan transportasi turun, biaya operasional kantor turun, karyawan lebih banyak waktu untuk bekerja dan juga untuk keluarga daripada habis waktu di jalan yang sia-sia," jelas Ketua Bidang Rekrutmen Anggota Partai Gelora Indonesia ini.

Sedangkan mengenai kebutuhan komunikasi internet yang dulu dianggap pelengkap dan barang mewah, saat ini semakin nyata menjadi utilitas dan semestinya digunakan dengan pantas karena faktor fungsionalitas.

Vaksin-Covid.jpg

Sebab, koneksi digital bukan lagi solusi alternatif melainkan mandatori. Covid-19, katanya akan menjadi akselerator implementasi digital di Indonesia.

"Wabah ini telah memaksa menjadi push factor (memicu percepatan adopsi) dan transformasi digital baik oleh konsumen maupun produsen," ucapnya.

Sementara mengenai operasional kantor, lanjut Endy, terjadi periode stagnan karena bisnis sedang melamban membuat perusahaan lebih punya waktu mengevaluasi diri.

Tentunya kondisi sekarang menurutnya akan membuat perusahaan melakukan evaluasi beberapa hal seperti masih perlukah ruang kerja dan sarana kerja seperti saat ini.

Hal tersebut akan lebih efisien bagi perusahaan untuk menghemat tunjangan transportasi kepada karyawan dan mengalihkan sekian persen tertentu untuk menjadi tunjangan komunikasi dan internet.

"Bukankah karyawan menjadi lebih optimal dalam mengatur 'work-life balance'  sehingga membuatnya lebih produktif dalam bekerja?," paparnya.

Adapun mengenai pola belanja dan transaksi belanja e-commerce yang semula hanya didominasi produk fashion, travel, elektronik atau hiburan seperti sekarang ini akan dipenuhi juga 'basic products’ meliputi produk-produk kesehatan.

"Apapun yang mengurangi kontak fisik antara penjual dan pembeli akan semakin berlipat nilai transaksinya. Cara transaksi tidak hanya didominasi pengalaman belanja standar pilih-bayar-antar tapi akan masuk ke pemanfaatan virtual reality, augmented reality serta big data," bebernya. 

Terakhir adalah cara mengkonsumsi media, dimana berbagi bahan pelajaran dan belajar jarak jauh, layanan medis dan farmasi, IP TV, dan siaran langsung berbasis internet (broadcasting and streaming) akan bertemu momentumnya karena ‘dipaksa’ wabah.

Endy juga menyebut bahwa aplikasi remote working seperti Zoom, Slack, Google Classroom, Hangout, telemedis untuk layanan kesehatan (beberapa tersedia di Indonesia seperti Halodoc atau Alodokter), Massive Open Online Course (MOOC) seperti yang disediakan Coursera dan Udemi, dan e-learning termasuk yang disediakan Universitas Terbuka akan jadi kebutuhan utama.

"Aplikasi-aplikasi itu akan bertemu critical-mass dan meledak jumlah penggunanya," pungkas Endy pengurus Partai Gelora yang memprediksi lima perilaku yang akan tetap bertahan pasca pandemi Covid-19. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES