Peristiwa Nasional

Edhy Prabowo: Demi Masyarakat, Saya Siap Dihukum Mati

Senin, 22 Februari 2021 - 20:27 | 49.10k
Edhy Prabowo sesudah ditangkap oleh KPK RI. (FOTO: ANTARA)
Edhy Prabowo sesudah ditangkap oleh KPK RI. (FOTO: ANTARA)

TIMESINDONESIA, JAKARTAEdhy Prabowo, tersangka kasus suap izin ekspor benih lobster KKP RI, menyatakan siap bila harus dijatuhi hukuman mati. Menurutnya, ia akan bertanggungjawab jika memang hukum menyatakan ia bersalah dalam kasusnya tersebut.

"Sekali lagi kalau memang saya dianggap salah saya tidak lari dari kesalahan, saya tetap tanggung jawab. Jangankan dihukum mati, lebih dari itu pun saya siap, yang penting demi masyarakat saya," kata Edhy kepada awak media, di Gedung KPK, Jakarta, Senin (22/2/2021).

"Saya tidak bicara lantang dengan menutupi kesalahan, saya tidak berlari dari kesalahan yang ada. Silakan proses peradilan berjalan, makannya saya lakukan ini. Saya tidak akan lari, dan saya tidak bicara bahwa yang saya lakukan pasti benar," ujarnya.

Sebelumnya, Edward Omar Sharif Hiariej menilai, Edhy Prabowo, dan Juliari Batubara dalam kasus korupsi bansos Covid-19, sudah layak dituntut dengan ancaman pidana mati. Menurutnya, terdapat dua alasan pemberat bagi kedua koruptor tersebut.

Pertama, mereka melakukan kejahatan dalam keadaan darurat, yaitu pandemi Covid-19. Dan kedua, mereka melakukan kejahatan dalam jabatan. "Hal memberatkan ini sudah lebih dari cukup diancam dengan Pasal 2 ayat 2 Undang-undang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi," ujarnya.

Sementara itu, Ketua KPK preode 2011–2015 Abraham Samad, meminta KPK untuk mempertimbangkan penggunaan hukuman mati bagi Edhy Prabowo dan Juliari. Menurut laki-laki kelahiran 27 November 1966 itu, hukuman mati bisa menjadi efek jera.

"Itu perlu dipertimbangkan oleh KPK ya untuk memberikan tuntutan hukuman mati kepada kedua orang ini. Supaya memberikan efek kepada pelaku-pelaku korupsi agar orang tidak berani lagi melakukan korupsi masa sekarang ini," ujarnya soal Edhy Prabowo. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES