Peristiwa Daerah

Keguyuban Jadi Modal Utama Kampung Tangguh Songgokerto dalam PPKM Mikro

Senin, 22 Februari 2021 - 20:09 | 35.26k
Tim penilai saat berkunjung ke Kelurahan Songgokerto didampingi Wakil Wali Kota Batu, Ir Punjul Santoso SH MM. (Foto: Muhammad Dhani Rahman/ TIMES Indonesia)
Tim penilai saat berkunjung ke Kelurahan Songgokerto didampingi Wakil Wali Kota Batu, Ir Punjul Santoso SH MM. (Foto: Muhammad Dhani Rahman/ TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, BATU – Keguyuban menjadi modal utama Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Mikro (PPKM Mikro) di Kota Batu. Didampingi Wakil Wali Kota Batu, Ir Punjul Santoso SH MM dan Kapolres Batu, AKBP Catur C Wibowo SIK MH, Tim Penilai dari Kodam V Brawijaya mendatangi Kampung Tangguh Kelurahan Songgokerto.

Tim Penilai yang dipimpin Panbadya Wanwil Sterdam V Brawijaya, Letkol Inf Budi Santoso SPd ini hadir didampingi oleh Dandim 0818 Kabupaten Malang Batu, Letkol Inf Yusub Dody Sandra melihat kekompakan dan keguyuban menjadi sebuah kearifan lokal yang semakin memperkuat Kampung Tangguh Songgokerto.

Songgokerto-PPKM-2.jpg

Dari keguyuban ini muncul berbagai kreatifitas yang membuat kampung ini memiliki daya tahan terhadap kondisi apa pun juga, mulai dari ancaman ekonomi termasuk salah satunya daya tahan terhadap ancaman keamanan dan ketertiban.

“Luar biasa warga Kelurahan Songgokerto ini, mereka memiliki keguyuban yang bisa menjadi pelindung paling bagus dalam segala situasi. Semoga keberadaan PPKM Mikro ini bermanfaat untuk masyarakat,” ujar Letkol Inf Budi Santoso SPd.

Menurutnya dari kekompakan ini menghasilkan beragam kreativitas mulai dari keberadaan budi daya tanaman kebutuhan pokok, budidaya ikan dengan memanfaatkan potensi yang ada, hingga Lumbung Pangan.

Songgokerto-PPKM-3.jpg

Keguyuban ini juga yang menurut Budi bisa membuat masyarakat tetap bersemangat untuk menjaga kesehatan hingga kondisi kembali normal seperti sedia kala. Dalam kesempatan itu Budi mengucapkan terima kasih kepada Wakil Wali Kota Batu yang memberikan kesempatan bisa melihat langsung kondisi riil Kampung Tangguh Songgokerto.

Sementara itu, Wakil Wali Kota Batu mengatakan kedatangan tim penilai ini memberikan semangat bagi masyarakat Batu untuk terus menjaga kondisi kota dari berbagai ancaman, mulai dari ancaman penularan Covid-19 hingga ancaman keamanan.

“Kedatangan beliau (Budi-red) bisa memberikan semangat kepada Pemerintah Daerah dan masyarakat. Sehingga terus semangat semangat bergotong royong, bersinergi dengan beragam stake holder,” ujarnya saat mendatangi Kampung Tangguh Kelurahan Songgokerto. (*) 

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES