Pendidikan

UWG Malang Bahas Prospek Bisnis Kalangan Milenial di Tengah Pandemi

Senin, 22 Februari 2021 - 19:21 | 15.21k
Webinar oleh HMJ Manajemen Universitas Widyagama Malang. (Foto: tangkapan layar)
Webinar oleh HMJ Manajemen Universitas Widyagama Malang. (Foto: tangkapan layar)

TIMESINDONESIA, MALANG – Himpunan Mahasiswa Jurusan Manajemen Universitas Widyagama Malang (UWG Malang) rupanya tak mau tinggal diam di tengah pandemi Covid-19. Pihaknya ingin menggandeng milenial dan semua masyarakat agar bangkit bersama-sama dari kondisi sulit ini.

Webinar bertajuk Today’s Business for Young Entrepreneurs ini mengundang beberapa narasumber handal yaitu Moh. Supriyadi (Ketua Umum JAPNAS Jatim), Heru Nurwahyudin, SE.(Owner & CEO Makaroni Superheru), Anggrean Renozanarca (Direktur Operasional Profile Image Studio), Hengky Kurniawan Chova (Wakil Bupati Bandung Barat) dan Dr. (H.C) H. Ridwan Kamil, S.T, M.U.D. (Gubernur Jawa Barat).

Wakil Bupati Bandung Barat, Hengky Kurniawan Chova membeberkan tiga aspek penting yang perlu dimiliki oleh pengusaha muda saat ini atau milenial enterpreneur adalah kreatif, inovatif dan kolaboratif.

Kata dia, sebenarnya banyak sekali bidang bisnis di tengah pandemi yang bisa dilakukan oleh kalangan milenial. Tetapi pilihannya ada di milenial itu sendiri, mereka mau mulai atau tidak.

"Jadi kita harus mempunyai keputusan yang  tepat. Kita harus memutuskan ide agar bisa melakukan eksekusi produk. Mau memulai, jangan takut gagal, punya semangat dan mental yang kuat dan menikmati proses yang dilalui setiap permasalahan yang ada dapat dijadikan motivasi dan pembelajaran agar mengetahui target pasar yang semakin maju," ujarnya gamblang.

Kepala Bagian Sarana Perekonomian Biro Perekonomian Setda Provinsi Jawa Barat yang mewakili Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Tita Nurroswita, SE, MM, mengatakan adanya pandemi Covid-19 ini memberikan efek domino pada aspek kesehatan, sosial dan ekonomi.

Dari segi sosial langkah untuk Flattening the Curve dari cepat dan luasnya penyebaran dan penularan, memilki konsekuensi pada berhentinya aktivitas ekonomi yang menyerap tenaga kerja di berbagai sektor tidak terkecuali sektor informal.

"Kemudian dari sisi ekonomi, sangat jelas dapat dikatakan menurun tajam baik konsumsi, investasi terhambat, ekspor impor yang menurun, pertumbuhan ekonomi yang menurun tajam," tegasnya.

Tita menambahkan sekitar 80 persen UMKM terdampak yang menyebabkan sulitnya penataan kembali ekonomi dalam masa yang sulit ini.

Owner & CEO Makaroni Superheru, Heru Nurwahyudin menjelaskan bisnis UMKM di era digitalisasi ini sudah waktunya merambah ke pedesaan. Konsep ATM (Amati, Tiru, Modifikasi) bisa menjadi awal mula membangun bisnis.

"Tapi produk harus bisa tetap memiliki keunikannya sendiri agar laku di pasaran. Sehubungan dengan masa digitalisasi tentunya generasi milenial perlu memikirkan bagaimana solusi terbaik agar digitalisasi itu sendiri dapat diterapkan dalam segmen pasar yang lebih kecil seperti desa,” jelasnya.

Sementara itu, Direktur Operasional Profile Image Studio, Anggrean Renozanarca menambahkan syarat awal dalam memulai bisnis itu membutuhkan mental yang kuat untuk siap gagal.

Mindset yang kuat diperlukan agar dapat menanggulangi kegagalan atau kesulitan dalam menyelesaikan masalah yang dihadapi. Bahwa semua hal yang terjadi dalam proses bisnis merupakan jalan menuju sukses. Yang kedua adalah niat, relasi dan sinergi.

“Hal penting lain yang perlu diperhatikan adalah pencatatan keuangan yang harus sangat clear, karena jika dalam penulisan keuangan terdapat ketidakjelasan bisa-bisa membuat penurunan ataupun kerugian yang dimiliki perusahaan tidak akan pernah diketahui sehingga yang ada malah mengalami kemunduran,” kata Reno.

Kaum muda lebih disarankan untuk aktif dalam pengembangan teknologi dan mengetahui digitalisasi yang sedang terjadi dalam negeri maupun luar negeri. Pemanfaatan alat teknologi serta kawasan ekonomi khusus yang ada di sekitar.

"Dalam pengembangan usaha melalui digitalisasi poin penting yang harus diketahui adalah kolaborasi. Baik dengan teknologi maupun dengan partner bisnis, dalam menentukan partner Kita perlu menyelaraskan tujuan dan mengamati serta mempertimbangkan apakah komitmen partner sama dengan yang Kita miliki," pungkas Reno.

Dalam Webinar UWG Malang itu, mahasiswa dan kalangan milenial yang minat mengembangkan bisnis harus bisa membaca momentum percepatan digitalisasi terutama pandemi Covid-19 yang menuntut semua orang melek teknologi informasi. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES