Peristiwa Daerah

Isu Ketua MUI Jatim Meninggal Dunia Dipastikan Hoaks

Senin, 22 Februari 2021 - 18:04 | 69.17k
KH. Mutawakkil Alallah (Ketua MUI Jatim). (FOTO: Dicko W/TIMES Indonesia)
KH. Mutawakkil Alallah (Ketua MUI Jatim). (FOTO: Dicko W/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, PROBOLINGGO – Kabar wafatnya Ketua Majelis Ulama Indonesia Jawa Timur (MUI Jatim), KH. Mutawakkil Alallah, beredar di media sosial. Namun, hal itu adalah berita bohong atau informasi hoaks.

Kabar wafatnya pengasuh utama pondok pesantren Zainul Hasan Genggong, Pajarakan, Kabupaten Probolinggo, ini tidak dibenarkan oleh Sekretaris MUI Jatim Akh. Muzakki.

Kabar wafatnya KH. Mutawakkil Alallah, ini menjadi perbincangan khalayak, baik itu di medsos facebook dan WhatsApp serta masyarakat di Jatim.p

Dengan adanya informasi hoaks itu, pihak MUI Jatim dan Pesantren Zainul Hasan (PZH) Genggong, langsung mengeluarkan maklumat menanggapi kabar itu.

Dari keterangan tertulis terkait pesan berantai menyangkut al-mukarram KH Mutawakkil Alallah, pengasuh Pesantren Zainul Hasan Genggong dan Ketua Umum MUI Jatim, bersama ini menyampaikan bahwa informasi berantai di atas adalah hoaks dan termasuk berita palsu, dan karena itu menyesatkan sekali.

"Beliau seharian berkomunikasi dg kami, dan tercatat pada 12:35 WIB beliau juga dalam komunikasi dg kami dalam keadaan sehat sama sekali. ‘Ndak apa apa (diberitakan begitu). Moga saya diberi umur panjang oleh Allah’, begitu jawab beliau saat kami mangabarkan pesan berantai nan palsu di atas," tulis Akh. Muzakki, Senin (22/2/2021).

Informasi tidak benar itu juga dibantah pihak pesantren. Sekretaris Pesantren Genggong, Taufiq Hidayat mengatakan, saat ini kondisi pengasuh Pesantren Genggong itu baik-baik saja.

“Alhamdulillah beliau KH. Mutawakkil Alallah, sebagai Ketua MUI Jatim, yang dikabarkan wafat masih sehat-sehat saja, dan sekarang ada di rumah utara,” papar Taufiq,  saat dikonfirmasi wartawan melalui pesan WhatsApp. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES