Peristiwa Daerah

Operasi Bersih Gunung Dempo, 4 Ton Sampah Berhasil Diturunkan

Senin, 22 Februari 2021 - 17:20 | 36.77k
Operasi Bersih Gunung Dempo dan Operasi Bersih Lokasi Wisata Pagaralamresmi ditutup  (Foto : Asnadi/Times Indonesia)
Operasi Bersih Gunung Dempo dan Operasi Bersih Lokasi Wisata Pagaralamresmi ditutup (Foto : Asnadi/Times Indonesia)

TIMESINDONESIA, PAGARALAMOperasi Bersih Gunung Dempo dan Operasi Bersih Lokasi Wisata Pagaralam, berlangsung di Jalur pendakian hingga ke pelataran Gunung Merapi Dempo.

Kegiatan bertajuk Harmoni Dempo dalam rangka memperingati Hari Indonesia Bersih dan Hari Peduli Sampah Nasional tahun 2021, berhasil menurunkan sebanyak sekitar 4 ton sampah.

Kegiatan bertajuk ‘Harmoni Dempo’ diikuti seluruh Organisasi Pecinta Alam (OPA) Sumatera Selatan yang tergabung dalam Aliansi Peduli Dempo, berlangsung sukses dan resmi berakhir, ditandai dengan seremoni penutupan acara dihadiri langsung Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Pagaralam Saidi Amrullah.

Walikota Pagaralam Alpian Maskoni melalui Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Pagaralam Saidi Amrullah  dihubungi Senin (22/2) mengucapkan, terima kasih atas kerja keras dan upaya semua organisasi pecinta alam yang tergabung dalam Aliansi Peduli Dempo, sebagai bentuk kepedulian dan kecintaan terhadap kelestarian lingkungan.

“Berharap kedepan bagi pecinta alam dan pendaki gunung dempo tetap menjaga kebersihan jangan buang sampah sembarang, mari kita semua menjaga kebersihan lingkungan bebas dari sampah,” katanya seraya menambahkan, Alhamdulillah, selama kegiatan sampah yang berhasil diturunkan sebanyak sekitar 4 ton.

Sementara itu Ketua Aliansi Peduli Dempo, M Rio Ardiansyah mengatakan selain sehubungan dengan Hari Bersih Indonesia dan Hari Peduli Sampah Nasional, kegiatan ini juga bertujuan membersihkan jalur pendakian Gunung Dempo dari sampah sekaligus penataan jalur pendakian.

Karena menurutnya, setelah dilakukan survei lapangan, ditemukan sebanyak 11 titik lokasi terdapat banyak tumpukan sampah berserakan di sepanjang jalur Dempo. Mulai dari Shelter 1 hingga Top Dempo dan pelataran.

“Sedangkan mulai dari Pintu Masuk Rimba di Kampung Empat hingga Shelter Satu, sudah clear bebas sampah,” ujarnya terkait kegiatan Operasi Bersih Gunung Dempo. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES