Peristiwa Daerah

Enam Kereta Api dari Madiun ke Jakarta Batal Berangkat, Ada Apa?

Senin, 22 Februari 2021 - 16:48 | 40.77k
Jalur Kereta Api antara Kedunggedeh - Lemahabang yang masih dalam perbaikan. (FOTO: Humas PT KAI Daop 7 for TIMES Indonesia)
Jalur Kereta Api antara Kedunggedeh - Lemahabang yang masih dalam perbaikan. (FOTO: Humas PT KAI Daop 7 for TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, MADIUN – Jalur Kereta Api antara Kedunggedeh - Lemahabang, Daop 1 Jakarta sampai saat ini masih dalam perbaikan oleh petugas PT KAI di lapangan akibat pondasinya yang tergerus oleh banjir.

Hal tersebut mengakibatkan 6 perjalanan KA keberangkatan 22 Februari 2021 yang melintas di wilayah Daop 7 Madiun, dengan rute dari dan menuju Jakarta sekitarnya dibatalkan perjalanannya.

Jalur-Kereta-Api-antara-Kedunggedeh---Lemahabang-yang-masih-dalam-perbaikan-2.jpgJalur Kereta Api antara Kedunggedeh - Lemahabang yang masih dalam perbaikan. (FOTO: Humas PT KAI Daop 7 for TIMES Indonesia)

"Saat ini kondisi jalur masih belum aman untuk dilalui KA karena cuaca ekstrim yang terjadi di wilayah tersebut mengakibatkan banjir serta meluapnya sungai yang menyebabkan pondasi jalur KA tergerus oleh arus air," ujar Manager Humas PT KAI Daop 7 Madiun, Ixfan Hendriwintoko, Senin (22/2/2021).

Adapun enam perjalanan KA keberangkatan 22 Februari 2021 menuju Jakarta dan sekitarnya yang dibatalkan perjalanannya dengan rincian sebagai berikut 

Tujuan dari Pasar Senen

  • KA 254 Jayakarta, Pasar Senen - Madiun - Kertosono - Jombang - Surabaya Gubeng. Keberangkatan dari Stasiun Madiun pukul 04.09 WIB, dengan kedatangan tanggal, 23-02-2021 dari Stasiun Gambir.
  • KA 76A Bima, Gambir - Madiun - Kertosono - Jombang - Surabaya Gubeng, keberangkatan dari Stasiun Madiun pukul 02.15 WIB kedatangan tanggal, 23-02-2021.
  • KA 72A Gajayana, Gambir - Madiun - Kertosono - Blitar - Malang, keberangkatan dari Stasiun Madiun pukul 03.20 WIB kedatangan tanggal, 23-02-2021.

Tujuan ke Pasar Senen

  • KA 253 Jayakarta, Surabaya Gubeng - Jombang - Kertosono - Madiun - Pasar Senen, keberangkatan dari Stasiun Jombang pukul 15.30 WIB.

Tujuan ke Stasiun Gambir

  • KA 75A Bima, Surabaya Gubeng - Jombang - Kertosono - Madiun - Gambir, keberangkatan dari Stasiun Jombang pukul 18.06 WIB.
  • KA 71A Gajayana, Malang - Blitar - Kertosono - Madiun - Gambir keberangkatan dari Stasiun Blitar pukul 15.57 WIB.

Saat ini, lebih lanjut Ixfan menambahkan petugas sedang berupaya semaksimal mungkin agar jalur KA antara Kedunggedeh - Lemahabang dapat segera dioperasikan kembali serta KAI akan mengembalikan 100 persen uang tiket bagi pelanggan yang perjalanan KA nya telah dibatalkan.

Suasana-di-Stasiun-Kereta-Api-Daop-7-Kota-Madiun.jpg Suasana di Stasiun Kereta Api Daop 7 Kota Madiun. (FOTO: Humas PT KAI Daop 7 for TIMES Indonesia)

"Pembatalan dapat dilakukan di seluruh stasiun penjualan tiket KA jarak jauh / lokal hingga 30 hari setelah tanggal keberangkatan," jelasnya.

Untuk itu PT Kereta Api Indonesia (KAI) memohon maaf kepada para pelanggan atas ketidaknyamanan yang terjadi akibat dibatalkannya perjalanan KA karena cuaca ekstrem yang mengakibatkan jalur KA terendam banjir.  Ia mengakui pihaknya akan terus berupaya dengan maksimal agar perjalanan KA dapat segera kembali normal.

"Dan untuk mempercepat proses perbaikan, PT KAI juga menurunkan alat berat berupa mesin Profile Ballast Regulator yang berfungsi untuk mengembalikan pondasi jalur Kereta Api seperti semula," tutup Manager Humas Daop 7 Madiun, Ixfan Hendriwintoko. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES