Peristiwa Internasional

Kampung Tangguh Lodaya di Kabupaten Ciamis Dinilai Efektif Hadapi Dampak Pandemi

Senin, 22 Februari 2021 - 16:29 | 36.68k
Posko Covid-19 di Kampung Tangguh Lodaya dalam Desa Mekarjadi, Kecamatan Sadananya, Kabupaten Ciamis. (foto: Humas Polres Ciamis)
Posko Covid-19 di Kampung Tangguh Lodaya dalam Desa Mekarjadi, Kecamatan Sadananya, Kabupaten Ciamis. (foto: Humas Polres Ciamis)

TIMESINDONESIA, CIAMISKampung Tangguh Lodaya di Desa Mekarjadi, Kecamatan Sadananya, Kabupaten Ciamis memiliki aktivitas ekonomi, kesehatan dan keamanan yang cukup lengkap dan efektif saat pandemi ini.

Aktivitas tersebut telah ditinjau oleh jajaran polsek Ciamis di sekitar posko Covid-19 dalam Kampung Tangguh Lodaya tersebut.

"Kampung Tangguh Lodaya kali ini dipantau oleh Panit Binmas Polsek Ciamis, Aiptu Sumarwan. Selain pemantauan kampung tangguh, kami juga memantau PPKM Mikro," ujar Kapolsek Ciamis, Kompol Nia Kurnia., S.H. M.H., Senin (22/2/2021).

Posko Covid 19 di Kampung Tanggung Lodaya bSarana dan prasarana cuci tangan yang letaknya cukup strategis di Kampung Tangguh Lodaya (foto: Humas Polres Ciamis)

Dalam aktivitas ekonomi di kampung tangguh dalam desa Mekarjadi ini sudah tersedia pangan berupa padi, UMKM makanan ringan dan bank sampah. Kemudian dalam bidang kesehatan, terdapat posko Covid-19 dari tingkat desa hingga dusun.

"Selain posko Covid 19, tempat isolasi di setiap desa juga sudah tersedia dengan baik. Itu juga bisa digunakan bagi pendatang yang datang dari zona merah. Sarana dan prasarana cuci tangan pun sudah diletakkan di tempat yamg strategis," jelasnya.

Dalam bidang keamanan desa ini bersinergi dengan tiga pilar desa yaitu bhabinkamtibmas, pemerintah desa dan babinsa. "Semuanya berjalan dengan baik. Masing-masing RT memiliki poskamling dan ronda secara bergantian setiap malam," tambahnya.

"Kami juga selalu mengimbau dan mengedukasi mengenai protokol kesehatan 5M. Kami juga selalu menggunakan masker dalam setiap pemantauan atau setiap kegiatan," ujarnya.

Posko Covid 19 di Kampung Tanggung Lodaya cKampung Tangguh Lodaya di Desa Mekarjadi, Kecamatan Sadananya, Kabupaten Ciamis (foto: Humas Polres Ciamis)

Pihak jajaran polsek Ciamis juga sangat memgapresiasi atas inisiatif warga yang ikut serta membantu pemerintah dalam penanganan Covid-19. Dengan cara mengajak warganya melaksanakan ketahanan pangan dan menerapkan protokol kesehatan.

Warga Kampung Tangguh Lodaya di Desa Mekarjadi juga telah menyediakan ruang isolasi mandiri bagi pasien yang terpapar Covid-19 serta menjaga keamanan dan ketertiban lingkungan masyarakat.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES