Peristiwa Daerah

Warga Jombang Temukan Mortir Aktif saat Hendak Mencari Rumput

Senin, 22 Februari 2021 - 16:08 | 43.61k
Tugiat (30) warga Desa Panglungan, Wonosalam, Jombang penemu mortir aktif. (Foto: Instagram Eksplore Wonosalam)
Tugiat (30) warga Desa Panglungan, Wonosalam, Jombang penemu mortir aktif. (Foto: Instagram Eksplore Wonosalam)

TIMESINDONESIA, JOMBANG – Warga Desa Panglungan Kecamatan Wonosalam, Kabupaten Jombang dikagetkan dengan penemuan sebuah mortir aktif yang ditemukan salah satu warganya yang mencari rumput. Minggu (21/2/2021) kemarin.

Mortir yang diduga masih aktif tersebut ditemukan Tugiat (31) warga Dusun Sranten, ketika mencari rumput untuk pakan ternak miliknya di lereng Goa Sigolo-golo dekat rumahnya.

Berawal dari hendak mencari rumput, ia melihat ada longsoran tanah dan mendekat. Kemudian ia dikagetkan dengan benda aneh. Karena rasa penasaran kemudian ia membawa pulang benda hasil temuannya tersebut ke rumah.

"Ketika handak mencari rumput untuk pakan ternak. Ada tanah longsor saya mendekat. Kemudian nemu banda aneh ini, saya bawa pulang," ujar Tugiat. Senin (22/2/2021).

Setelah diketahui bahwa benda aneh tersebut merupakan sebuah mortir (bom). Kemudian ia melaporkan ke pihak desa setempat. Karena khawatir takut terjadi sesuatu yang tidak diinginkan kemudian mortir tersebut dilaporkan ke pihak Polsek Wonosalam.

Pihak Polsek Wonosalam kemudian mendatangi rumah Tugiat serta melakukan pengecekan terhadap mortir tersebut setelah mendapatkan laporan dari pihak Desa.

Saat dikonfirmasi, AKP Kamdani, Kapolsek Wonosalam langsung mendatangi rumah Tugiat untuk melihat kondisi mortir apakah statusnya masih aktif atau tidak.

"Kondisinya masih aktif 70 persen, panjangnya sekitar 34 cm dengan diameter 9 cm. Diperkirakan mortir tersebut ada pada masa penjajahan Belanda dahulu," jelas Kamdani.

Polsek Wonosalam langsung koordinasi dengan tim penjinak bom dari Polda Jatim untuk proses lebih lanjutnya agar tidak terjadi sesuatu yang tidak diinginkan.

"Langsung kami koordinasikan dengan tim penjinak bom dari Polda Jatim, sekarang mortir tersebut sudah kita amankan," tutupnya terkait penemuan mortir aktif yang ditemukan warga Kabupaten Jombang. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES