Peristiwa Nasional

Pasukan Yonif Mekanis 512 QY Berangkat Jaga Perbatasan Indonesia-Papua Nugini

Senin, 22 Februari 2021 - 14:28 | 78.53k
Upacara pemberangkatan  pasukan 450 personel Yonif Mekanis 512/QY di Dermaga Ujung, Surabaya, Senin (21/2/2021) pagi. (foto: Dok.Pendam Brawijaya)
Upacara pemberangkatan pasukan 450 personel Yonif Mekanis 512/QY di Dermaga Ujung, Surabaya, Senin (21/2/2021) pagi. (foto: Dok.Pendam Brawijaya)

TIMESINDONESIA, SURABAYA – Sebanyak 450 personel Yonif Mekanis 512 QY diberangkatkan oleh Dangartap III/Surabaya, Mayjen TNI Suharyanto ke Jayapura, Papua. Tepatnya di perbatasan Indonesia - Papua Nugini.

Pemberangkatan pasukan itu, ditandai dengan adanya upacara pemberangkatan yang digelar di Dermaga Ujung, Surabaya, Senin (21/2/2021) pagi.

Mayjen TNI Suharyanto menyebut, tugas operasi yang diamahkan ke prajurit Yonif 512, merupakan suatu kehormatan. Sebab, tak mudah bagi seorang prajurit untuk bisa menjalankan tugas operasi.

"Tugas pengamanan perbatasan adalah salah satu tugas yang diamanatkan oleh negara kepada TNI. Mereka memiliki tugas yang tidak ringan, yaitu menjaga perbatasan Indonesia-Papua Nugini," kata Dangartap.

Selain menjaga perbatasan, ia menyebut keberadaan pasukan Yonif 512 nantinya juga harus bisa menciptakan situasi yang kondusif, sekaligus memberikan rasa aman terhadap masyarakat.

"Sekaligus membantu aparat terkait dalam menangani permasalahan yang terjadi di perbatasan, salah satunya pelanggaran batas negara, penyelundupan barang illegal dan gangguan keamanan lainnya," tegasnya.

Beberapa penekanan lainnya pun, ditegaskan di hadapan Satgas Pamtas, termasuk adanya upaya meningkatkan kesejahteraan dan mewujudkan Kemanunggalan antara TNI dan rakyat.

"Kita menyadari TNI adalah prajurit yang berasal dari rakyat, dan berjuang untuk rakyat. Maka dari itu, ketika tiba di tempat penugasan, mereka harus bisa beradaptasi serta memahami kultur maupun budaya masyarakat," ucapnya dalam pemberangkatan personel Yonif Mekanis 512 QY ke Papua. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES