Peristiwa Daerah

BMKG Prediksi 23-24 Februari Jabodetabek Diguyur Hujan Lebat

Senin, 22 Februari 2021 - 13:09 | 42.46k
Ilustrasi – hujan lebat. (FOTO: Dok TIMES Indonesia)
Ilustrasi – hujan lebat. (FOTO: Dok TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Kepala BMKG Dwikorita Karnawati menyampaikan, masyarakat Jabodetabek untuk ekstra hati-hati. Pasalnya, diprediksi 23-24 Februari 2021, wilayah Jabodetabek akan diguyur hujan lebat.

Pada 22 Februari 2021 ini, diprediksi hujan dengan intensitas ringan masih terjadi di wilayah Jabodetabek. Namun, masyarakat diminta tetap waspada karena BMKG memprediksi cuaca hujan dengan intensitas lebat berpotensi terjadi kembali pada 23-24 Februari 2021.

“Hari ini kita masih harus waspada ya, kemudian waspada berikutnya tanggal 23 dan tanggal 24, itu yang perlu kami tekankan," katanya.

Dwikorita juga memprediksi puncak musim hujan belum berakhir di akhir bulan ini. Diperkirakan puncak musim hujan akan terjadi sampai awal Maret 2021.

"Sebagian besar wilayah Indonesia, termasuk Jabodetabek, masih berada dalam periode puncak musim hujan dengan intensitas sedang hingga lebat masih berpotensi terjadi selama periode puncak musim hujan ini, yang diperkirakan masih akan berlangsung sampai akhir Februari, awal Maret 2021," jelasnya.

BMKG menyatakan, kondisi cuaca ekstrem ini terjadi karena beberapa faktor. Salah satu faktornya adalah karena adanya peningkatan aktivitas awan hujan di wilayah Indonesia bagian barat.

"Pada 18-19 Februari termonitor adanya aktivitas penguatan udara yang cukup signifikan, seruakan udara dari Asia, aktivitas tersebut cukup signifikan mengakibatkan peningkatan aktivitas awan hujan di wilayah Indonesia bagian Barat," ujar BMKG. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES