Indonesia Positif Universitas Islam Malang

Dakwah Al Quran, Mahasiswa KSM Unisma Malang Ajarkan Santri Ilmu Tajwid

Senin, 22 Februari 2021 - 08:24 | 44.77k
Mahasiswa KSM Kelompok 20 Unisma mengajar ilmu tajwid dan makhorijul huruf Al-Qur’an di beberapa TPQ di Desa Klampok. (FOTO: AJP TIMES Indonesia)
Mahasiswa KSM Kelompok 20 Unisma mengajar ilmu tajwid dan makhorijul huruf Al-Qur’an di beberapa TPQ di Desa Klampok. (FOTO: AJP TIMES Indonesia)
FOKUS

Universitas Islam Malang

TIMESINDONESIA, MALANG – Mahasiswa KSM Unisma Malang kelompok 20 telah memasuki pekan kedua pelaksanaan KSM-T di di Desa Klampok Kecamatan Singosari Kabupaten Malang. 

Pekan kedua difokuskan pada Taman Pendidikan Qur’an (TPQ) dengan memberikan motivasi dan semangat kepada santri-santri TPQ untuk belajar lebih dalam mengenai Al Quran. Terlebih lagi pada masa pandemi Covid 19 ini dimana banyak para orang tua yang kurang antusias dalam mendukung kegiatan pembelajaran anak-anaknya secara tatap muka.

INFORMASI SEPUTAR UNISMA DAPAT MENGUNJUNGI www.unisma.ac.id

Pelajaran yang diberikan oleh mahasiswa Unisma adalah membaca Al Quran, terutama ilmu tajwid dan makhorijul huruf. Pembelajaran ini menggunakan metode belajar yang seru dan menyenangkan.

Dari beberapa TPQ di Desa Klampok ini Mahasiswa KSM Unisma Kelompok 20 terfokus pada dua TPQ yakni, TPQ Bahrul Ulum dengan menggunakan metode Bil Qolam sedangkan TPQ Salafiyah dengan menggunakan metode Qiroati. Dua TPQ tersebut memiliki jumlah santri sebanyak 200. Pembelajaran dikedua TPQ tersebut terbagi menjadi beberapa shift. Di TPQ Salafiyah juga terdapat program Madrasah Diniyah (MADIN), program MADIN ini menggunakan metode Al-Miftah.

Mahasiswa KSMUnisma

Tak hanya belajar Al Quran, mahasiswa juga membantu santri dalam menyelesaikan tugas sekolah. Bimbel tersebut digelardi posko Mahasiswa KSM Unisma Desa Klampok yang tepatnya berada di Jalan Raya Klampok Gg. Anggrek RT 4 RW 5. 

INFORMASI SEPUTAR UNISMA DAPAT MENGUNJUNGI www.unisma.ac.id

Selain motivasi belajar tentang Al Quran, mahasiswa Unisma juga mengedukasi santri akan pentingnya menerapkan protokol kesehatan 3 M untuk mencegah covid- 19. Yaitu tetap memakai makser, mencuci tangan dan tetap menjaga jarak.

Tidak hanya program dengan anak-anak, mahasiswa juga mengikuti berbagai kegiatan warga setempat. Salah satunya tradisi yasinan yang digelar warga. Dengan mengikuti kegiatan warga, mahasiswa menjadi lebih dekat dengan warga. (*)

INFORMASI SEPUTAR UNISMA DAPAT MENGUNJUNGI www.unisma.ac.id

*)Pewarta: Lia Miftakhul Jannah dan Sofiatul Mukarromah, Mahasiswa KSM Tematik Kelompok 20 Universitas Islam Malang (UNISMA)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Dhina Chahyanti
Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES