Peristiwa Daerah

10 Desa di Kabupaten Probolinggo Mulai Terapkan PPKM Mikro

Senin, 22 Februari 2021 - 11:49 | 43.98k
Ilustrasi PPKM. (Foto: ANTARA FOTO/NOVRIAN ARBI)
Ilustrasi PPKM. (Foto: ANTARA FOTO/NOVRIAN ARBI)

TIMESINDONESIA, PROBOLINGGOPPKM Mikro (Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat) kini mulai diterapkan di 10 desa di Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur, tepatnya di Kecamatan Leces. 10 desa itu meliputi 375 RT yang ada.

Camat Leces Moh Syarifuddin mengatakan penerapan PPKM Skala Mikro berbasis RT ini sudah diterapkan di 375 RT pada 10 desa di Kecamatan Leces. Diawali dengan pembentukan poskodan pengurusnya serta pemasangan bendera di pintu masuk desa.

Pemasangan bendera telah dilakukan sesuai dengan jumlah kasus yang terjadi di setiap RT di masing-masing desa. Bendera tersebut dipasang di posko pada pintu masuk masing-masing desa.

“Bendera hijau berarti tidak ada satupun RT yang warganya positif Covid-19, kuning berarti ada 1-5 kasus, orange berarti ada 6-10 kasus dan merah berarti ada kasusnya diatas 10 kasus,” papar Syarifuddin, Senin (22/2/2021).

 “Jadi siapapun yang masuk ke desa-desa itu akan tahu kalau melihat benderanya. Bendera itu sudah terpasang semua di posko pada pintu masuk desa,” katanya.

Penerapan PPKM Berbasis Mikro Tingkat RT di Kecamatan Leces ini dilakukan sebagai tindak lanjut dari Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) Nomor 3 Tahun 2021 Tentang PPKM Berbasis Mikro dan Keputusan Bupati Probolinggo Tentang PPKM Berbasis Mikro.

Syarif menegaskan, bahwa RT/RW ini yang mengontrol adalah petugas posko PPKM Berbasis Mikro yang ada di desa masing-masing. Hanya saja nanti dari peta itu akan kelihatan RT mana yang ada kasus atau tidak ada kasus.

“Dalam ketentuan tersebut disebutkan bahwa desa membentuk  Posko Desa untuk pencegahan dan penanganan Covid-19, desa membuat peta zonasi hijau, kuning, orange dan  merah per RT/RW dan per Desa serta desa menyiapkan anggaran DD (Dana Desa) untuk penerapan PPKM Mikro ini,” tambahnya.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES