Pemerintahan

Kumpulkan Pejabat, Plh Bupati Jember Tertibkan “Dualisme Sekda” Warisan Faida

Senin, 22 Februari 2021 - 11:43 | 35.12k
Plh Bupati Jember, Hadi Sulistyo (kanan) saat menerima serah terima jabatan dari mantan Bupati Jember, dr Faida (kiri) pada Rabu (17/2/2021) lalu. (FOTO: Muhammad Faizin/TIMES Indonesia)
Plh Bupati Jember, Hadi Sulistyo (kanan) saat menerima serah terima jabatan dari mantan Bupati Jember, dr Faida (kiri) pada Rabu (17/2/2021) lalu. (FOTO: Muhammad Faizin/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, JEMBER – Pekan pertama setelah ditunjuk menjadi Plh Bupati Jember, Hadi Sulistyo mengumpulkan sejumlah pejabat Pemkab Jember di kantor pemkab. Para pejabat mulai dari asisten bupati, kepala dinas hingga camat menghadiri pengarahan pada Senin (22/2/2021) itu. 

Ditemui TIMES Indonesia sebelum acara dimulai, Hadi menjelaskan pengarahan itu salah satunya bertujuan untuk mengakhiri dualisme yang terjadi di Pemkab Jember selama beberapa minggu terakhir. 

“Saya ingin berikan pemahaman, bahwa aturan yang mereka terapkan itu salah. Sesuai UU Pilkada, bupati (Faida) itu sejak 6 bulan sebelum lengser, tidak boleh lagi melakukan mutasi,” papar Hadi. 

Dualisme jabatan itu terjadi di banyak posisi, mulai dari camat bahkan yang paling mencolok adalah hingga Sekretaris Daerah (Sekda).

Hadi-Sulistyo-3.jpgPlh Bupati Jember, Hadi Sulistyo, saat ditemui TIMES Indonesia di rumah dinasnya. (FOTO: Muhammad Faizin/TIMES Indonesia)

Bupati Faida telah dua kali mencopot Mirfano sebagai Sekda dan menunjuk Achmad Imam Fauzi sebagai Pelaksana Harian (Plh) Sekda.

Namun, Gubernur Jatim tidak mengakuinya. Melalui surat bertarikh 15 Januari 2021, Khofifah menyatakan Mirfano masih menjadi Sekda Jember yang sah. 

“Sesuai ketentuan, saya mengacu pada surat Gubernur pada 15 Januari 2021 kemarin,” jawab Hadi saat ditanya tentang sekda mana yang akan dipilih.

Ketika wartawan meminta penegasan apakah berarti memilih Mirfano ketimbang Fauzi, Hadi menjawab diplomatis.

“Kalian artikan sendiri saja,” jawab Hadi. 

Selain untuk mengakhiri dualisme jabatan, Hadi juga menegaskan bahwa penunjukannya sebagai Plh Bupati adalah untuk memuluskan proses transisi di Jember.

“Saya juga minta seluruh ASN di Jember untuk menaati peraturan yang berlaku. ASN itu tunduk pada aturan, tidak bisa seenaknya sendiri,” pungkas Hadi.

Dihadiri Ketua DPRD Jember dan Inspektur Jatim

Acara pengarahan kepada para pejabat Pemkab Jember pada Senin (22/2/2021) ini dihadiri pula oleh Ketua DPRD Jember, Itqon Syauqi dan Inspektur Pemprov Jatim, Helmy Perdana Putera. 

Dalam sambutannya, Itqon meminta seluruh ASN di Pemkab Jember bisa mendukung program-program yang akan dijalankan oleh bupati terpilih, Hendy Siswanto dan wabup terpilih, Muhammad Balya Firjaun Barlaman. Keduanya akan segera dilantik beberapa hari lagi. 

"Di masa transisi inilah, saya harap, ayo kita sama-sama berparadigma visioner. Kalau saya analogikan, bupati terpilih ini ibarat orang yang sedang hamil, mengandung ide besar untuk kemajuan Jember. Karena itu, saya minta kepada seluruh ASN di Jember ini untuk ayo, memastikan janin yang dikandung oleh bupati terpilih itu jangan sampai keguguran,” ujar Itqon dalam sambutannya kepada seluruh ASN Pemkab Jember. 

Sementara itu, Inspektur Pemprov Jatim, Helmy Perdana Putera dalam sambutannya meminta kepada seluruh ASN Pemkab Jember untuk tunduk pada aturan.

Helmy menilai, selama masa kepemimpinan bupati sebelumnya, banyak pelanggaran hukum yang terjadi. 

“Plh Bupati Jember ditugaskan untuk mengembalikan marwah gubernur sebagai wakil pemerintah pusat, sebagai wakil negara yang membina kabupaten/kota. Karena selama ini banyak sekali kebijakan dari gubernur yang sengaja tidak dijalankan di Jember,” tutur Helmy. 

Salah satu yang mencolok adalah mutasi yang dilakukan Bupati Faida pasca cuti dari Pilkada.

Helmy menyatakan, gubernur telah tegas menyatakan mutasi itu tidak ilegal, tapi diabaikan oleh Bupati Faida. 

“Saya sudah baca aturannya, saya paham sekali itu. Jadi jangan aturan itu disalahtafsirkan sendiri,” tegas Helmy. 

Acara pengarahan yang dilakukan oleh Plh Bupati Jember, Hadi Sulistyo itu dihadiri oleh sejumlah pejabat pemkab, mulai dari asisten bupati, kepala dinas hingga camat. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Dody Bayu Prasetyo
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES