Peristiwa Daerah

Bank Sampah Bantu Tingkatkan Perekonomian Warga Majalengka

Senin, 22 Februari 2021 - 10:41 | 52.07k
Seorang warga Banjaran Hilir yang juga menjadi nasabah BSBH. (Foto: BSBH for TIMES Indonesia)
Seorang warga Banjaran Hilir yang juga menjadi nasabah BSBH. (Foto: BSBH for TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, MAJALENGKA – Manfaat dari kehadiran bank sampah di tengah pandemi Covid-19 ini mulai dirasakan oleh masyarakat Kabupaten Majalengka, Jawa Barat. Bagaimana tidak, Bank Sampah Banjaran Hilir (BSBH) tersebut memberikan uang bagi setiap sampah yang ditukarkan oleh masyarakat.

Selain membuat lingkungan menjadi bersih, kehadiran bank sampah yang berada di Blok Banjaran Hilir, Desa Banjaran, Kecamatan Banjaran, Kabupaten Majalengka ini juga mendatangkan manfaat ekonomi bagi masyarakat.

Salah seorang warga Banjaran Hilir B

Inovasi yang dilakukan pemuda setempat tersebut, banyak mendapatkan apresiasi dari berbagai pihak. Mulai dari Wakil Bupati Majalengka, Tarsono D Mardiana beserta Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Majalengka dan Dandim 0617 Majalengka serta berbagai pihak lainnya.

Salah satu pendiri dan sekaligus Dewan Pengawas BSBH, Gelar S Ramdhani mengatakan bank sampah Banjaran Hilir tersebut, mulai dirintis sejak September 2019 silam dan saat ini sudah mempunyai nasabah sekitar 30 orang.

"BSBH ini dibentuk sebagai jawaban atas kegelisahan pemuda Banjaran Hilir terkait sampah di kampung kami. Dan saat ini kehadiran bank sampah, selain sebagai solusi masalah lingkungan, juga memberikan manfaat ekonomi," ungkap Gelar S Ramdhani kepada TIMES Indonesia, Senin (22/2/2021).

Gelar menjelaskan setiap nasabah BSBH dapat menabung sampah setiap sebulan sekali. Nanti oleh petugas BSBH sampah an organik yang masuk akan ditimbang, dicatat, kemudian dikumpulkan.

"Setelah terkumpul uangnya akan ditabungkan. Rata-rata setiap  pengangkutannya BSBH bisa mengumpulkan sampah lebih dari 700 kilogram," jelasnya.

Uang hasil tabungan sampah tersebut, kata dia, bisa digunakan nasabah sebagai Tabungan Hari Raya (THR) dan akan dibagikan menjelang lebaran. Sehingga, nantinya juga bisa digunakan untuk Bayar Pajak Bumi Bangunan (PBB), sembako ramadhan dan lain sebagainya.

"Meski masa pandemi Covid-19, bank sampah Banjaran Hilir tetap hadir melayani masyarakat, tentunya dengan menerapkan protokol kesehatan secara ketat," katanya.

Salah seorang warga Banjaran Hilir C

Sementara itu, menurut salah seorang warga Banjaran Hilir yang juga menjadi nasabah BSBH tersebut, Teti mengaku bersyukur, saat ini setelah hadirnya BSBH tersebut, dirinya selaku masyarakat tidak bingung untuk membuang sampah.

"Saat ini dengan kehadiran bank sampah seperti BSBH, selain tidak bingung lagi untuk buang sampah, kami juga sekarang dapat penghasilan tambahan dari sampah-sampah yang dibuang tersebut," ucapnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES