Ekonomi

Muhammadiyah Siap Hadirkan TokoMu di Setiap Desa Seluruh Indonesia

Senin, 22 Februari 2021 - 08:12 | 196.02k
Suasana masyarakat saat berbelanja di toko ritel (FOTO: Dokumen/Solopos)
Suasana masyarakat saat berbelanja di toko ritel (FOTO: Dokumen/Solopos)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Sekretaris Majelis Ekonomi dan Kewirausaan (MEK) Pimpinan Wilayah  Muhammadiyah (PWM) DIY, Jumarudin, menyatakan Muhammadiyah siap mengembangkan bisnis ritel dan akan membuka TokoMu di setiap desa seluruh Indonesia.

Menurut Jumarudin, misi besar tersebut untuk melakukan ekspansi besar-besaran TokoMu di setiap wilayah. Untuk mewujudkan, Muhammadiyah akan mengunakan cabang di daerah sebagai koneksi bisnis.

berbelanja-di-toko-ritel-2.jpg

"Misi besar Saran Satoko adalah untuk menghadirkan TokoMu di setiap ranting yang ada di desa," kata Jumarudin dalam keterangan tertulis yang diterima TIMES Indonesia di Jakarta, Senin (22/2/2021).

Jumarudin menjelaskan wujud TokoMu dapat beragam mulai dari berwujud toko sembako, toko kelontong maupun toko modern. Ia pun menekankan, seluruh program terkait bisnis ritel ini merupakan implentasi dari salah satu hasil Mutamar Muhammadiyah ke-47 di Makassar pada 2015 lalu terkait kemandirian di bidang ekonomi. 

berbelanja-di-toko-ritel-3.jpg

"Kemandirian ini dinilai sangat diperlukan demi memperlancar perwujudan visi dan misi dari Muhammadiyah dalam mengembangkan Islam berkemajuan," lanjut Jamarudin.

TokoMu yang telah berdiri dan menjadi pilot porject terdapat di Kota Bandung yang dikembangkan oleh Jaringan Suadagar Muhammadiyah (JSM). Toko itu didirikan pada awal tahun ini dan rencananya TokoMU berikutnya akan didirikan di DIY. 

"Saya berharap tahun ini sudah terdapat satu TokoMu yang mulai beroperasi di DIY. Kemungkinan terbesar, TokoMu ini akan didirikan di lingkungan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY)," kata Jamarudin. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES