Peristiwa Nasional

Hari Sampah Nasional, Forsi Banyuwangi Lakukan Edukasi Kebersihan lingkungan

Minggu, 21 Februari 2021 - 22:58 | 40.71k
Bersih-bersih sampah di kawasan lingkungan masyarakat. (Foto: Riswan Efendi/TIMES Indonesia)
Bersih-bersih sampah di kawasan lingkungan masyarakat. (Foto: Riswan Efendi/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, BANYUWANGI – Serangkaian cara asik dalam peringatan hari sampah nasional dilakoni oleh sejumlah muda-mudi yang tergabung dalam komunitas forum aksi (Forsi Banyuwangi). Salah satunya dengan edukasi dan bersih-bersih sampah di kawasan wisata Air Terjun Lider, Desa Sumberarum, Kecamatan Songgon, Kabupaten Banyuwangi pada Minggu (21/2/2021).

Ketua panitia pelaksana, Ahmad Muzaqi mengatakan kegiatan ini merupakan agenda keempat yang dilaksanakan oleh Forsi Banyuwangi dalam upaya melestarikan lingkungan di wilayah bumi Belambangan.

hari sampah nasional 2

"Forsi ini merupakan gabungan dari banyak organisasi yang peduli terhadap lingkungan. Sekitar 20 lebih organisasi hari ini ikut dalam agenda bersih-bersih sampah dan edukasi wisata disini," kata Muzaqi.

Muzaki juga menambahkan dalam acara yang diselenggarakan selama 5 jam ini bukan hanya diikuti oleh pegiat lingkungan yang berasal dari kabupaten Banyuwangi saja. Namun ada pula perwakilan mahasiswa yang berasal dari beberapa perguruan tinggi di Indonesia.

Selain diadakan di kawasan wisata Air Terjun Lider. Rencananya, Forsi Banyuwangi juga akan terus melakukan berbagai upaya pelestarian alam di tempat lain secara rutin selama satu bulan sekali.

"Kegiatan seperti ini akan kita laksanakan secara berkelanjutan. Jadi dalam rentetan kegiatan nantinya bukan hanya masalah bersih-bersih sampah, namun ada juga tanam pohon, edukasi lingkungan, dan memberikan pemahaman tentang pengolahan sampah dengan baik dan benar," ujar Muzaqi.

hari sampah nasional 3

Dalam kesempatan ini, Camat Songgon, Kabupaten Banyuwangi Kunto Prastowo memberikan apresiasi tinggi kepada seluruh peserta edukasi dan bersih-bersih sampah di kawasan wisata tersebut. Menurutnya, sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat tentang pentingnya menjaga kelestarian alam perlu untuk terus digaungkan. Terlebih dengan semakin banyaknya wisatawan yang enggan dalam menjaga kebersihan lingkungan.

"Saya harap masyarakat Banyuwangi dan wisatawan di kawasan wisata Air Terjun Lider ini bisa sadar akan dampak dari membuang sampah sembarangan," cetusnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Irfan Anshori
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES