Peristiwa Nasional

Pulang Kampung, Menhub RI Pastikan Soal Pembangunan Pelabuhan Tanjung Carat

Minggu, 21 Februari 2021 - 22:11 | 64.52k
Menhub Budi Karya Sumadi saat berakhir pekan di Tanjung Api-Api dan Tanjung Tapa (Foto: Dok Pemprov Sumsel)
Menhub Budi Karya Sumadi saat berakhir pekan di Tanjung Api-Api dan Tanjung Tapa (Foto: Dok Pemprov Sumsel)

TIMESINDONESIA, PALEMBANG – Pelabuhan Tanjung Tapi yang dikelola Swasta di Kabupaten Ogan Komering Ilir menjadi inspirasi untuk pembangunan Pelabuhan Tanjung Carat, Banyuasin, Sumatera Selatan. Pelabuhan laut dalam yang diharapkan jadi solusi kembangkan ekonomi Sumatera Selatan juga  mendapat respon dari Menteri Perhubungan (Menhub RI).

Menhub RI Budi Karya Sumadi menegaskan ground breaking pembangunan pelabuhan Laut dalam Tanjung Carat dilakukan akhir tahun 2021.

Pelabuhan Tanjung Carat 2

Informasi yang dihimpun TIMES Indonesia saat Menhub meninjau lokasi di akhir pekan ini, ada beberapa catatan yakni pertama sudah ketemu satu titik dengan kedalaman kurang lebih 12 hingga 18 meter.

Kedua adalah jangkauan, kemudian tanahnya bisa dimungkinkan untuk dibangun pelabuhan. "Nah semuanya itu sudah memungkinkan oleh karenanya kita sampaikan, Insya Allah bisa dilaksanakan,” tegas Menteri putra asal Sumatera Selatan ini.

Proyek ini direncanakan akan dilakukan investasi oleh pemerintah maupun swasta. Dalam minggu-minggu ini bersama pak Kemenko akan dikoordinasikan dengan Bapenas apakah pemerintah yang membiayainya atau swasta.

"Kita ingin memastikan dibangun mulai 2021 ini selesai tahun 2023, oleh sebab itu pula kita harus merapatkan ini lagi,” terang dia.

Sementara, Gubernur Sumsel Herman Deru mengatakan ada contoh keberhasilan pembangunan dermaga serupa yang dimiliki pihak swasta bahkan lebih jauh lagi jarak kelautnya yaitu 3,1 kilometer.

"Artinya dengan tipikal tanah yang sama ditambah jenis perairan yang sama maka di Sumsel layak di bangun dengan segera pelabuhan Tanjung Carat," kata Politisi Nasdem ini. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Irfan Anshori
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES