Gaya Hidup

Kenali 6 Manfaat Konsumsi Mentimun Bagi Tubuh

Senin, 22 Februari 2021 - 02:14 | 86.62k
Mentimun memiliki beragam manfaat bagi tubuh. (Foto: Hallo Sehat)
Mentimun memiliki beragam manfaat bagi tubuh. (Foto: Hallo Sehat)

TIMESINDONESIA, JAKARTAMentimun atau timun adalah jenis buah yang sering kali menjadi tambahan makanan sebagai lalapan yang disajikan dengan kol atau daun kemangi bersama dengan sambal yang pedas. Rasanya yang segar menambah sensasi dan selera makan kian meningkat.

Mengonsumsi mentimun sebagai lalapan memiliki sensasi kesegaran tersendiri, oleh karenanya mentimun memang cocok dijadikan sebagai makanan pelengkap.

Umumnya, mentimun diolah menjadi lalapan atau acar dan dijadikan pelengkap menu makanan. Namun, tidak sedikit orang yang mengolah mentimun ini menjadi minuman seperti sorbet atau jus.

Tetapi ternyata buah dari pohon merambat ini mengandung antioksidan yang membantu untuk mencegah hingga mengobati beberapa kondisi. Bisa untuk diet dengan memperbanyak konsumsi mentimun, karena kalori dalam mentimun yang rendah dan juga kaya air dan serat larut.

Berikut rangkuman TIMES Indonesia yang dikutip dari doktersehat.com tentang beberapa manfaat mengkonsumsi mentimun yang baik untuk kesehatan tubuh. 

1. Menjaga Kesehatan Ginjal

Buah mentimun mengandung banyak kandungan seperti silikon, fluorin, dan kalium, dan memiliki kadar kalori yang rendah. Sehingga manfaat timun ini mampu membantu merangsang ginjal untuk membuang sisa metabolisme dan deposit lemak di dalam tubuh.

2. Melindungi Tulang

Mentimun merupakan sumber vitamin K yang baik bagi tulang, satu cangkir mentimun mengandung 22 persen dari asupan harian yang disarankan untuk vitamin K.

Vitamin ini sangat penting untuk kesehatan tulang, dan Vitamin K juga penting untuk meningkatkan penyerapan kalsium di tulang.

3. Membantu Tubuh Tetap Terhidrasi

Manfaat mentimun lainnya yakni menjaga tubuh tetap terhidrasi. Mentimun atau timun mengandung 95,2 persen air, yang berarti bahwa 5 ons porsi mengandung 4,8 ons atau 150 ml air.

Yang artinya sudah sekitar 26 persen asupan air harian terpenuhi oleh timun (jika mengkonsumsi timun).

4. Membantu Menurunkan Berat Badan

Jus atau air dari mentimun mampu membantu mengurangi kalori di dalam tubuh. Saat merasa lapar dan ingin menyantap makanan, hal itu tidak melulu berkaitan dengan asupan makanan yang kurang, namun kondisi ini juga menandakan bahwa tubuh Anda kekurangan cairan.

Oleh karenanya, mengkonsumsi mentimun juga dapat membantu merasa kenyang dengan kadar kalori yang rendah.

5. Merawat Kulit

Pastinya banyak yang sudah menjadikan mentimun sebagai masker wajah, karena mentimun bisa jadi solusi untuk di gunakan sebagai masker mentimun untuk mengatasi jerawat.

Manfaat mentimun bisa berguna bagi kulit karena mengandung Vitamin B5 yang sering digunakan untuk menghilangkan jerawat diwajah, dan memiliki manfaat yang menenangkan juga menyegarkan.

6. Membantu Mengeluarkan Racun dari Tubuh

Mentimun dikenal memiliki sifat diuretik atau bisa memicu produksi air seni. Dengan begitu, hal ini akan semakin sering mendorong bakteri, racun-racun dan zat hasil metabolisme untuk keluar dari tubuh melalui urine.

Hal ini dikenal juga sebagai detoksifikasi, tubuh pun akan jadi lebih segar karena bersih dari berbagai zat berbahaya dan juga racun.

Selain itu, mentimun juga mampu melawan radikal bebas. Mentimun hingga saat ini cukup banyak dikonsumsi oleh sebagian masyarakat, ada cukup banyak kandungan gizi di dalam buah timun. Namun, tetap harus diingat mengkonsumsi mentimun tidak diperkenankan secara berlebihan. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES