Peristiwa Nasional

Anies Baswedan: Semua Ruas Jalan di Ibu Kota yang Terdampak Banjir Sudah Normal

Minggu, 21 Februari 2021 - 14:14 | 62.87k
Jajaran Pemprov DKI Jakarta saat melakukan penyedotan air di beberapa ruas jalan yang terdampak banjir. (FOTO: Pemprov DKI Jakarta)
Jajaran Pemprov DKI Jakarta saat melakukan penyedotan air di beberapa ruas jalan yang terdampak banjir. (FOTO: Pemprov DKI Jakarta)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyampaikan, ruas-ruas jalan di Ibu Kota, yang tergenang luapan Kali Krukut hingga menyebabkan banjir sudah dapat dilintasi seperti biasa atau normal.

Ia menjelaskan, dampak luapan aliran kali Krukut bukan hanya di Jalan Sudirman, tetapi juga di Jalan Kemang, Jalan Widya Chandra, serta Jalan Tendean. Luapan Kali Krukut ini ditengarai menampung pertambahan debit air dari hujan lokal dari kawasan Depok, Jawa Barat.

melakukan-penyedotan-air-di-beberapa-ruas-jalan-yang-terdampak-banjir-2.jpg

"Artinya penambahan debit air bukan dari hujan lokal di kawasan Kemang atau Jalan Sudirman, melainkan di kawasan antara hulu dan Jakarta," katanya dalam keterangan tertulis, Minggu (21/2/2021).

Jadi, lanjut Gubernur Anies, curah hujan yang terjadi di kawasan hulu Kali Krukut yang melintang melintasi Jalan Jendral Sudirman. Di hulunya terjadi curah hujan yang sangat tinggi tercatat 136 mm/hari. Kemudian lintas airnya melewati dua sungai, satu kali Mampang dan dua Kali Krukut.

"Kedua aliran kali itu bertemu di belakang LIPI. Lalu mengalir ke Sudirman. Jadi kemarin adalah dampak dari air kiriman dari kawasan tengah sekitar Depok," jelasnya.

Kata Gubernur Anies, sejak pagi hingga malam tadi, pihaknya telah melakukan upaya untuk membersihkan sampah di aliran sungai dan mengerahkan pompa mobile baik di kawasan Sudirman maupun di Kemang yang menjadi aliran kali Krukut untuk selanjutnya dialirkan ke Banjir Kanal Barat (BKB). Meskipun harus menunggu karena BKB masih menampung kiriman air dari daerah hulu.

"Apresiasi setinggi-tingginya atas usaha, kerja dan kolaborasi seluruh jajaran dalam merawat dan menjaga Jakarta ketika menghadapi cuaca ekstrem. Kerja mereka seringkali tak tampak oleh publik luas, tak dirayakan media, tapi manfaatnya kita rasakan," ujar Gubernur Anies Baswedan soal banjir Jakarta. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES