Kesehatan UIN Malang

Dosen FKIK UIN Maliki Malang: Air Putih Penting untuk Kesehatan

Minggu, 21 Februari 2021 - 12:48 | 79.06k
dr. Putri Wulan Akbar, M.Ked. Trop, Dosen Prodi Pendidikan Dokter FKIK UIN Maliki Malang. (Foto: Putri Wulan Akbar For TIMES Indonesia)
dr. Putri Wulan Akbar, M.Ked. Trop, Dosen Prodi Pendidikan Dokter FKIK UIN Maliki Malang. (Foto: Putri Wulan Akbar For TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, MALANG – Dosen Prodi Pendidikan Dokter Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan (FKIK) UIN Maulana Malik Ibrahim Malang (UIN Maliki Malang), dr. Putri Wulan Akbar, M.Ked. Trop mengatakan air putih penting untuk kesehatan.

INFORMASI SEPUTAR UIN MALANG DAPAT MENGUNJUNGI www.uin-malang.ac.id

"Karena sekitar 60% komposisi tubuh kita adalah air dan setiap saat kita kehilangan air baik dari keringat, urin, maupun pernafasan," ujar dr. Putri Wulan Akbar kepada TIMES Indonesia, Minggu (21/2/2021).

dr. Putri Wulan menuturkan, level air yang cukup akan menjaga tubuh berfungsi optimal, membantu regulasi suhu tubuh, membantu pembuangan sampah dan produk sisa metabolisme dalam tubuh maka akan baik apabila minimal dalam sehari minum 8 gelas air putih atau sekitar 2 liter air secara berkala baik saat merasa haus maupun tidak.

Ia juga menuturkan, kekurangan air putih dapat memengaruhi kesehatan tubuh. Mulai dari penurunan performa aktivitas fisik, mood, konsentrasi, pusing, kelelahan, kulit kering, risiko konstipasi, Infeksi Saluran Kemih (ISK), dan batu ginjal.

"Tapi terlalu banyak mengonsumsi air atau overhidrasi juga tidak baik untuk tubuh sehingga dapat menyebabkan gangguan dalam kesehatan," imbuh perempuan kelahiran di Malang 28 Agustus 1986 ini.

Ia menjelaskan, seseorang yang sehat dengan fungsi ginjal normal masih dapat menghandle sekitar 17 liter air yang diminum secara perlahan. Namun lebih dari jumlah itu apabila fungsi ginjal terganggu dan terlalu cepat mengonsumsi air dalam jumlah banyak dan dalam satu waktu, akan mengakibatkan rendahnya kadar elektrolit dalam darah terutama natrium. Gejala awal yang dirasakan yaitu mual, kelemahan badan, kram, hingga berat seperti penurunan kesadaran.

"Menjaga kadar hidrasi tubuh dengan konsumsi air putih dalam jumlah yang pas sangatlah penting mengingat air berperan utama dalam banyak fungsi tubuh kita," pesannya.

Dosen Prodi Pendidikan Dokter ini juga mengatakan, jumlah air yang dikonsumsi akan senantiasa mempertimbangkan aktivitas fisik, suhu lingkungan, kebutuhan khusus seseorang seperti sedang menyusui, diare, pertumbuhan usia, dsb.

INFORMASI SEPUTAR UIN MALANG DAPAT MENGUNJUNGI www.uin-malang.ac.id

"Sehingga menjaga konsumsi air putih adalah salah satu cara mudah dan murah untuk menjaga kesehatan," ujar dr. Putri Wulan Akbar, M.Ked. Trop, Dosen Prodi Pendidikan Dokter FKIK UIN Maliki Malang. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES