Pendidikan UIN Malang

Bank Indonesia Buka Beasiswa untuk Mahasiswa UIN Maliki Malang, Apa Saja Syaratnya?

Minggu, 21 Februari 2021 - 09:44 | 97.15k
BI buka beasiswa untuk mahasiswa UIN Malang. (Foto: Tangkapan Layar)
BI buka beasiswa untuk mahasiswa UIN Malang. (Foto: Tangkapan Layar)

TIMESINDONESIA, MALANGBank Indonesia (BI) Tahun 2021 membuka beasiswa untuk mahasiswa UIN Maulana Malik Ibrahim Malang (UIN Maliki Malang).

"Sasaran program Beasiswa Bank Indonesia diberikan kepada mahasiswa UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, diutamakan berasal dari latar belakang ekonomi keluarga pra sejahtera," ujar Mahfudh Shodar, Kepala Biro Administrasi, Akademik, Kemahasiswaan dan Kerjasama (AAKK) UIN Malang secara tertulis, dibaca Minggu (21/2/2021).

INFORMASI SEPUTAR UIN MALANG DAPAT MENGUNJUNGI www.uin-malang.ac.id

Ia menjelaskan, pendaftaran online dilakukan di website Sistem Infromasi Beasiswa (SIBEA): https://kemahasiswaan.uin-malang.ac.id/beasiswa-bank-indonesia mulai Selasa (22/2/2021) sampai Jumat (26/2/2021). Dan pengumuman terkait Beasiswa Bank Indonesia akan diinformasikan melalui website kemahasiswaan (pada laman https://kemahasiswaan.uin-malang.ac.id/beasiswa-bank-indonesia/.

Ia juga menjelaskan terdapat 3 tujuan BI membuka beasiswa untuk mahasiswa UIN Maliki Malang. Yang pertama, untuk meningkatkan angka partisipasi pendidikan tinggi, indeks pembangunan manusia dan daya saing bangsa.

Yang kedua, meningkatkan motivasi belajar serta menjamin keberlangsungan studi mahasiswa dan menghidupkan harapan bagi masyarakat yang mempunyai prestasi (potensi) akademik untuk dapat menempuh serta menyelesaikan pendidikan tinggi.

Dan yang ketiga, meningkatkan prestasi mahasiswa dalam bidang akademik (kurikuler) dan ekstra kurikuler sehingga mampu menghasilkan SDM yang kreatif mandiri, produktif dan memiliki kepedulian sosial yang tinggi serta mampu berperan dalam pemberdayaan masyarakat.

"Ada 10 kriteria penerima beasiswa," ujarnya.

Ia menyampaikan, kriteria tersebut yaitu, yang pertama terdaftar sebagai Mahasiswa Aktif Program Sarjana UIN Maulana Malik Ibrahim Malang Tahun Akademik 2020/2021. Yang kedua, sekurang-kurangnya telah menyelesaikan 40 SKS atau 3 semester.

Yang ketiga, usia maksimal 23 tahun pada saat ditetapkan sebagai penerima beasiswa. Yang keempat, tidak sedang menerima beasiswa bekerja dan atau berada dalam status ikatan dinas dari lembaga/instansi lain.

Yang kelima, memiliki pengalaman menjalankan aktivitas sosial. Yang keenam, memiliki skill khusus pada mahasiswa jurusan teknik informatika antara lain programmer (android), desain web, desain grafis, dan kreator video.

Yang ketujuh, bersedia untuk berperan aktif, mengelola dan mengembangkan Komunitas penerima beasiswa BI (Generasi Baru Indonesia/GenBI) serta berpartisipasi dalam kegiatan yang diselenggarakan oleh Bank Indonesia.

Yang kedelapan, bersedia magang untuk membantu kegiatan/program yang diselenggarakan oleh Unit/Bagian pada Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang.

Yang kesembilan, nilai IPK (Indeks Prestasi Kumulatif) minimal 3,00 (skala 4). Dan yang kesepuluh, mahasiswa pada jurusan Manajemen, Akuntansi, Perbankan Syariah, Hukum Ekonomi Syariah, Matematika, Tadris Matematika, Teknik Informatika.

Ia juga menyampaikan, mekanisme pendaftaran seleksi dapat dilihat di http://kemahasiswaan.uin-malang.ac.id/wp-content/uploads/2021/01/Pedoman-Teknis-Beasiswa-Bank-Indonesia-1.pdf.

INFORMASI SEPUTAR UIN MALANG DAPAT MENGUNJUNGI www.uin-malang.ac.id

"Hal-hal yang belum jelas dalam Ketentuan Pengajuan Beasiswa Bank Indonesia dapat ditanyakan langsung pada Bagian Kemahasiswaan Universitas (via email [email protected])," ujar Mahfudh Shodar, Kepala Biro AAKK UIN Maliki Malang. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES