Indonesia Positif

Upaya Mahasiswa KSM Unisma Malang Dalam Pencegahan Covid-19

Sabtu, 20 Februari 2021 - 13:55 | 72.43k
Penempelan poster edukasi pencegahan penyebaran Covid-19 di Masjid dan TPQ
Penempelan poster edukasi pencegahan penyebaran Covid-19 di Masjid dan TPQ

TIMESINDONESIA, MALANG – Di masa pandemi Covid-19 memiliki pengaruh yang sangat besar terhadap seluruh aspek kehidupan masyarakat. Unisma Malang dalam periode 31 Januari - 3 Maret mengadakan agenda setiap tahunnya yang diselenggarakan oleh LPPM, yaitu KSM-Tematik.

Pada periode kali ini KSM diadakan dengan cara yang berbeda yang mana mewajibkan mahasiswa melaksanakan KSM di wilayah tempat tinggalnya sendiri. Seperti yang dilakukan oleh kelompok 20 di bawah bimbingan Dr. Eko Setiawan, M.Pd. Kegiatan kelompok 20 yang dilakukan di Dusun Kebonjati Desa Klampok Kecamatan Singosari Kabupaten Malang.

Pada pekan pertama tepatnya di tanggal 3 Februari mengadakan pembukaan KSM yang bertempat di aula balai desa Klampok. Acara tersebut dihadiri langsung oleh Kepala Desa Klampok dan Dosen Pembimbing Lapangan.  

unisma bSosialisasi dan membagikan masker

Pada hari berikutnya kelompok 20 mengadakan kegiatan sosialisasi dengan membagikan masker, hand-sanitizer dan poster edukasi sebagai salah satu upaya pencegahan penyebaran Covid-19. Poster edukasi karya mahasiswa KSM kelompok 20 dengan menampilkan penjelasan mengenai apa yang dimaksud dengan virus Covid-19, gejala klinis yang dialami penderita Covid-19, dan pencegahan yang seharusnya dilakukan, seperti rajin cuci tangan pakai sabun, menggunakan masker, mengkonsumsi makanan sehat perbanyak sayur dan buah, dan menjaga jarak minimal 1 meter.  

INFORMASI SEPUTAR UNISMA DAPAT MENGUNJUNGI www.unisma.ac.id

Tempat-tempat keramaian yang menjadi pusat pembagian masker, hand-sanitizer dan penempelan poster seperti masjid dan TPQ setempat di sekitaran lokasi tempat tinggal mahasiswa KSM Unisma. Kegiatan membagikan masker dan hand-sanitizer ini juga disertai edukasi imbauan untuk melakukan pola hidup bersih dan sehat secara langsung kepada masyarakat sekitar seputar pencegahan Covid- 19.

Target sosialisasi dan edukasi di desa Klampok ini adalah santri TPQ dan para jamaah masjid Al-Ikhlas baik dari masyarakat desa Klampok sendiri atau masyarakat luar desa Klampok sebagai bentuk kepedulian kepada masyarakat pentingnya pencegahan Covid-19.

Di samping kegiatan sosialisasi dan poster edukasi serta pembagian masker dan hand-sanitizer, mahasiswa KSM Unisma Malang juga melakukan kegiatan secara sukarela membantu membersihkan taman di balai desa Klampok untuk meringankan para pekerja kebun di balai desa. Mahasiswa KSM Unisma berperan aktif dalam melakukan kegiatan bersih-bersih hal ini dilakukan sebagai salah satu upaya untuk menjaga kebersihan lingkungan. (*)

INFORMASI SEPUTAR UNISMA DAPAT MENGUNJUNGI www.unisma.ac.id

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : AJP-4 Editor Team
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES