Gaya Hidup

Isi Akhir Pekan dengan Menanam Bunga Matahari Yuk! 

Minggu, 21 Februari 2021 - 06:30 | 341.63k
Bunga Matahari (FOTO: Pinterpandai.com)
Bunga Matahari (FOTO: Pinterpandai.com)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Masa pandemi seperti saat ini, kita dianjurkan untuk di rumah saja. Lalu, bingung habiskan masa akhir pekan saat di rumah saja? Apalagi di Yuk menanam bunga matahari saja.

Berkebun salah satu kegiatan yang menyenangkan saat akhir pekan. Selain badan mendapatkan asupan sinar matahari, kita juga dapat menata tanaman dan mencabut rumput liar yang mengganggu. 

Biji-bunga-matahari.jpgBiji bunga matahari. (FOTO: Pixabay)

Selain itu Anda juga bisa menambah koleksi tanaman hias, bunga matahari. Bunga berwarna kuning ini dipercaya dapat meningkatkan semangat jika kita memandangnya. 

Sesuai dengan namanya, bunga matahari juga sangat bergantung pada sinar matahari. Jadi sebelum Anda menanam bunga cantik ini, sebaiknya perhatikan halaman rumah atau lokasi yang mendapat sinar matahari. 

Anda dapat menanam bibit bunga matahari di dalam polibag, pot, maupun langsung di tanah. Namun pastikan letak benih bunga matahari diberi jarak ya, setidaknya 15 cm. Sebab nantinya akar bunga ini akan memanjang. 

Buat lubang yang tidak terlalu dalam untuk benih bunga matahari. Masukkan benih dan tutup dengan tanah. Oiya pastikan tanah yang digunakan sudah dicampur dengan pupuk kandang ya, agar benih mendapat nutrisi. 

Bunga-Matahari-2.jpg(FOTO: Outerbloom.com)

Banih yang sudah ditanam juga harus disiram setiap hari. Tak perlu terlalu banyak, tanah tampak basah saja sudah cukup. 

Kurang lebih sepekan, bunga matahari akan bertunas. Jika sudah muncul tunas, pastikan emndapatkan sinar matahari setidaknya 6 jam setiap hari. perhatikan setiap hari, karena bunga matahari kerap diserang hama. Anda dapat menyemprotkan fungisida untuk menghalau hama. 

Selanjutnya dalam tiga bulan, dengan perawatan dan asupan sinar matahari yang maksimal, bunga matahari akan mekar. Biasanya ada beberapa bunga dalam satu batang. Nah jika ada kuntum bunga yang tidak tumbuh dengan optimal, sebaiknya segera potong. Tujuannya agar nutrisi akan mengalir pada kuntum yang terbaik. 

Setelah mekar sempurna, bunga matahari akan mengering. Nah biji dari bunga matahari itu dapat ditanam kembali menjadi bunga matahari baru. Gimana tertarik menanam bunga matahari? (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Dhina Chahyanti
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES