Indonesia Positif

Mahasiswa KKN Undip Dampingi Warga Olah Kopi Jadi Lib Scrub

Sabtu, 20 Februari 2021 - 11:15 | 52.42k
Mahasiswa KKN Undip dampingi warga membuat lip scrub di Pemalang. (Foto: Dok Undip)
Mahasiswa KKN Undip dampingi warga membuat lip scrub di Pemalang. (Foto: Dok Undip)

TIMESINDONESIA, PEMALANG – Desa Pulosari, Kecamatan Pulosari, Kabupaten Pemalang, merupakan desa yang terletak di Kaki Gunung Slamet, suhu rata-rata per hari adalah 18-20°C.

Suhu yang dingin akan menyerap kelembapan dari sel-sel kulit dan menyebabkan kulit menjadi kering, kasar, hingga retak dan bersisik. Komoditas dari Desa Pulosari sendiri adalah kopi dan nanas.

Banyak dari masyarakat Pulosari sendiri yang menanam kopi, namun olahan kopi masih sangat sedikit di desa Pulosari sendiri.

Lip scrub merupakan produk kecantikan yang diformulasikan untuk membuat kulit bibir menjadi lebih lembab dan halus. Lip scrub yang dibuat kali ini menggunakan bahan-bahan alami dan mudah ditemukan di lingkungan Desa Pulosari yaitu berupa madu, gula pasir, minyak zaitun dan bubuk Kopi itu sendiri.

"Kopi sendiri memiliki efek mengangkat sel kulit mati dan mencerahkan," mahasiswa KKN Undip, Melani Maulidia yang mencoba membuat produk olahan kopi tersebut di Pemalang, Sabtu (20/2/2021). 

Kegiatan pembuatan lip scrub kopi dilakukan di Desa Pulosari, Kabupaten Pemalang. Kemudian disosialisasikan ke ibu-ibu PKK dan perangkat Desa Pulosari di Balai Desa Pulosari.

Produk  ini disambut dengan hangat dan antusias oleh ibu-ibu PKK Desa Pulosari karena dapat menambah wawasan tentang solusi dari bibir kering dan tentang pemanfaatan tanaman yang ada di sekitar.

"Dalam proses pembuatannya, tergolong mudah untuk dipraktikan oleh ibu-ibu PKK di rumah masing-masing," ujar mahasiswa Teknologi Rekayasa Kimia Industri ini. 

Dengan adanya sosialisasi produk ini, diharapkan dapat menjadi solusi dari permasalahan warga dengan hanya memanfaatkan bahan yang ada di sekitar. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Bambang H Irwanto
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES