Pendidikan

Dosen Prodi Kedokteran UIN Maliki Malang Berikan Motivasi Wirausaha pada Mahasiswa

Sabtu, 20 Februari 2021 - 18:12 | 87.20k
dr. Lailia Nur Rachma, M. Biomed, Dosen Prodi Kedokteran Fakultas FKIK UIN Maliki Malang di Klinik dr. Lia. (Foto: Lailia Nur Rachma for TIMES Indonesia)
dr. Lailia Nur Rachma, M. Biomed, Dosen Prodi Kedokteran Fakultas FKIK UIN Maliki Malang di Klinik dr. Lia. (Foto: Lailia Nur Rachma for TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, MALANG – Dosen Prodi Kedokteran Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan (FKIK) UIN Maulana Malik Ibrahim Malang (UIN Maliki Malang) dr. Lailia Nur Rachma, M. Biomed, memberikan motivasi wirausaha kepada mahasiswa melalui mata kuliah kewirausahaan kedokteran.

Dosen yang juga sedang menempuh S3 di FK UB ini kepada TIMES Indonesia, Sabtu (20/2/2021) mengatakan, tujuan ia memotivasi mahasiswa melalui mata kuliah kewirausahaan kedokteran ini karena mempunyai 5 tujuan. Pertama meningkatkan sense of business dari mahasiswa kedokteran sehingga mahasiswa kedokteran mampu mencari peluang usaha yang tepat dan sesuai dengan gairah dan bidang mereka.

Yang kedua, meningkatkan keberanian memulai usaha dan memberikan pendampingan kepada mahasiswa yang ingin memulai bisnisnya. Yang ketiga, mengasah kemampuan dan keterampilan mahasiswa kedokteran menjadi wirausaha-wirausaha muda potensial.

Yang keempat, lebih siap dalam menghadapi era yang sangat kompetitif seperti saat ini. Dan yang kelima, pada akhirnya para pengusaha muda ini dapat meningkatkan ekonomi bangsa.

"Saya berharap mahasiswa pendidikan dokter dapat menciptakan lapangan kerja bagi dirinya sendiri dan banyak orang," ujar dr. Lailia Nur Rachma kepada TIMES Indonesia, Sabtu (20/2/2021).

dr. Lailia b

dr. Lailia Nur Rachma menuturkan, ia memberikan motivasi kepada mahasiswa dengan memberikan keteladanan wirausaha. Adapun usaha yang ia miliki yaitu sebagai suplier alat kedokteran, kesehatan, laboratorium medicare, apotek medicare, mendirikan Klinik dr. Lia, Snowhite Skincare, dan saat ini ia juga sedang mendirikan Lembaga Kursus dan Pelatihan Snowhite academy.

Ia juga menuturkan, hal itu ia lakukan agar mahasiswa termotivasi dan nantinya selain menjadi dokter dapat memiliki pemasukan yang cukup, diluar dari hubungan dokter dan pasien. Dengan terpenuhinya kehidupan seorang dokter diluar hubungan dokter dan pasien akan membuat seorang dokter ini bisa lebih banyak waktu untuk melayani pasien tanpa pamrih.

INFORMASI SEPUTAR UIN MALANG DAPAT MENGUNJUNGI www.uin-malang.ac.id

"Selain itu, cara saya memberi motivasi mahasiswa yaitu dengan berbagi pengalaman saat kuliah, memberikan materi sharing pada acara yang dibuat oleh mahasiswa, dan memberikan kesempatan magang pada usaha yang saya dirikan," imbuhnya.

Dosen Prodi Kedokteran ini juga mengatakan, mahasiswa kedokteran merupakan bibit unggul, sehingga mahasiswa kedokteran harus mampu menjadi seseorang yang berguna bagi diri sendiri dan masyarakat. Akan tetapi, karena saat ini lapangan kerja resmi semakin terbatas. Mahasiswa kedokteran diharapkan tidak boleh terlalu berharap pada lapangan pekerjaan yang sudah ada saja, karena memasuki era revolusi industri menyebabkan tingkat lapangan pekerjaan semakin sedikit.

dr.-Lailia-x.jpg

"Oleh sebab itu mengenali potensi diri di bidang kewirausahaan merupakan bentuk antisipasi sedini mungkin dalam meminimalisir tingkat pengangguran di masa depan," pungkas dr. Lailia Nur Rachma, M. Biomed, Dosen Prodi Kedokteran Fakultas FKIK UIN Maliki Malang. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES