Pendidikan

Teknologi Kecerdasan Besutan Osmo Mengubah Screen Time Anak Menjadi Positif

Sabtu, 20 Februari 2021 - 14:37 | 15.08k
Teknologi Kecerdasan Besutan Osmo Mengubah Screen Time Anak Menjadi Positif
Newton, game yang berdasarkan ilmu fisika dalam seri Genius Starter Kit dari Osmo.(Foto: Dok.Osmo)
Pewarta: | Editor: Wahyu Nurdiyanto

TIMESINDONESIA, SURABAYA – Seringkali kita melihat anak-anak terlalu fokus dengan gadget mereka, seakan mengisolasikan diri dari dunia dan anggota keluarga sekitarnya. Fenomena ini tentu bertambah buruk pada masa pandemi. Di mana kebanyakan keluarga memilih untuk tidak keluar rumah.

Ditambah juga dengan peraturan pemerintah agar anak-anak mengikuti kegitaan belajar dari rumah (school-from-home) melalui peranti gadget di rumah. Maka, perlu menyiasati agar anak-anak juga memiliki time line positif saat berinteraksi dengan gadget mereka.

Baru-baru ini, Osmo sebagai salah satu Top 3 Cutting-Edge Tech Gifts 2020 untuk anak-anak di dunia internasional, akhirnya resmi hadir di Indonesia. Tahun ini, Osmo juga menjadi salah satu Best Tech Toys of 2021.

OSMO

(Kiri ke kanan) Lukas Kailimang, Dian Asa Sinaga, Nucha Bachri, dan Michelle Hadipranoto, saat acara talkshow Grand Launching Osmo.(Foto: Dok.Osmo) 

Osmo adalah suatu revolusi di dunia pendidikan anak-anak usia 3-12 tahun, yang mengintegrasikan teknologi artificial intelligence (AI) dengan perangkat permainan fisik untuk dimainkan menggunakan tangan.

Teknologi AI dari Osmo ini mendapatkan pembuktian secara nyata ketika Osmo memenangkan the Best AI-based Solution for Education Award di Amerika.

Melalui penyampaian yang sederhana dan menyenangkan, Osmo menghadirkan edukasi kepada anak-anak dengan metode yang interaktif dan terbukti menjadi solusi teknologi yang bersahabat bagi anak-anak dan juga orang tua.

Dian Asa Sinaga, selaku representatif dan exclusive distributor resmi Osmo di Indonesia, mengatakan, Osmo menjawab kekhawatiran orang tua mengenai screen time.

Karena Osmo memberikan materi pelajaran bermutu tinggi dan rand. Dengan menggabungkan dunia digital dengan realitas, anak-anak mendapatkan stimulasi otak yang aktif, sekaligus mengasah otak kanan mereka untuk membangun critical thinking dan problem-solving skills.

"Yang sangat berharga adalah, Osmo justru menghadirkan materi untuk STEAM (Science, Technology, Engineering, Art, Math) namun dikemas secara interactive dan menarik untuk anak-anak kita," kata Dian, Sabtu (20/2/2021).

Dian juga melanjutkan, bahwa Osmo didesain oleh expert team di bawah pimpinan ex-Google engineers, Pramod Sharma dan Jerome Scholler, di Palo Alto, California dan telah mendapatkan berbagai penghargaan dari Time Magazine sebagai Best Invention, terpilih menjadi Parents’ Choice Magazine’s Gold Award, penghargaan bergengsi dari Oppenheim Best Toy Platinum Award, dan Toy of the Year Award Finalist di Amerika Serikat.

Toko mainan paling terkenal di Inggris, Hamleys, juga menobatkan Osmo sebagai salah satu Top Toys for Christmas 2020.

Osmo juga mengadakan kolaborasi dengan perusahaan mainan terkemuka seperti Disney dan Mattel. Sebagai informasi, Osmo juga telah dijual di lebih dari 40 negara dan di implementasi di lebih dari 31.000 kelas sedunia, serta digunakan oleh lebih dari 2.5 juta keluarga di seluruh dunia. Pada situs e-commerce Amazon.com dan Amazon.co.uk, Osmo telah menarik puluhan ribu customer reviews, semua dengan rating 4-5 bintang.

Pada tanggal 18 Februari 2021, Osmo mengadakan grand launching event resmi di Indonesia yang ditandai dengan diadakannya sebuah talkshow yang dihadiri oleh beberapa narasumber yang memang mempunyai passion di dunia pendidikan serta tumbuh kembang anak-anak, Dian Asa Sinaga.

Berikut pula Lukas Kailimang, seorang ahli psikologi, pendidikan dan kebijakan dan lulusan Ed.M. Harvard Graduate School of Education, Nucha Bachri, Co-Founder dan Chief of Content dari Parentalk.id dan Podcaster di @curhatbapakibu serta influencer dalam dunia parenting, serta Michelle Hadipranoto, seorang model influencer cilik yang sarat prestasi.

Selain menghadirkan aktifitas STEAM (Science, Technology, Engineering, Art, Math), Osmo membantu anak-anak untuk belajar membaca, mengenal suara (phonics), matematika, komunikasi, kewiraswastaan, kreatifitas, koordinasi motorik antara mata dan tangan, serta berbagai aspek edukasi lainnya.

"Anak-anak kita tidak akan menatap layar gadget tanpa interaksi seperti menonton TV, ataupun bermain online games biasa," jelas Dian.

Sebaliknya, mereka akan belajar berpikir kreatif untuk menemukan solusi dalam sebuah permainan. Satu hal lain yang tidak kalah penting, Osmo memperkuat bonding antara anak dengan orang tua karena interaksi dan komunikasi selama bermain dan belajar bersama.

"Osmo membawa sembilan jenis permainan ke Indonesia dan dua jenis aksesoris. Kami juga akan membawa beberapa Osmo games baru yang sangat menarik di tahun ini," jelas Dian.

Sebagai langkah awal, Osmo Indonesia telah membuka akun official store di beberapa e-commerce besar di Indonesia seperti Tokopedia, Shopee, Blibli, dan JD.id – demi memberikan akses secara cepat kepada pelanggan Indonesia.

Sejak masa pre-order di Desember 2020 sampai hari ini, Osmo telah menjual kepada pelanggan dari Jabodetabek, Surabaya, Bandung, Bali, Tarakan, Balikpapan, Pekanbaru, hingga kota Mataram di Nusa Tenggara Barat. Osmo saat ini sedang berdiskusi dengan beberapa peritel offline untuk memperkenalkan konsep Osmo secara langsung. Saat ini, Osmo telah hadir di Books & Beyond di Lippo Mall Puri.

David Kartono selaku AVP of Business Tokopedia, menyampaikan, “Kini masyarakat Indonesia, terutama orang tua dan keluarga, bisa mendapatkan produk Osmo secara lebih mudah dan pasti lewat Official Store di Tokopedia tanpa harus keluar rumah.”

David melanjutkan, kolaborasi ini sejalan dengan komitmen Tokopedia untuk #SelaluAdaSelaluBisa dalam mempermudah kehidupan masyarakat, termasuk membantu lebih banyak keluarga dalam mendukung proses tumbuh kembang anak, terutama di tengah keadaan seperti ini.

Lukas Kailimang, Managing Partner dari Kartika Strategic Education Solutions (“K-SES”), sebuah badan konsultasi strategi dan manajemen pendidikan yang berfokus untuk memajukan dunia pendidikan di Indonesia, menekankan bermain (play) memiliki peran penting dalam proses tumbuh kembang dan pendidikan anak, sedangkan pemahaman budaya kita sering kali memisahkan antara bermain dan belajar.

"Osmo memberikan solusi yang inovatif bagi anak-anak kita dengan memadukan learning dan play secara interaktif dan positif," ucapnya.

Maka sangat disayangkan bahwa di era digital ini, banyak media maupun alat permainan yang digunakan anak-anak hanya bersifat pasif dan menghibur.

Tidak mengherankan jika malah kebiasaan buruk atau gadget dependency atau gadget addiction-lah yang muncul.

"Oleh karena itu, saya sangat senang dengan kehadiran Osmo di Indonesia. Sebagi alat permainan dan educational technology tool, Osmo adalah alat edutainment yang terbaik yang saya pernah jumpai di Indonesia sampai saat ini," ujarnya.(*)



Publisher : Sholihin Nur

EKORAN

TERBARU

  • Smartfren Rejeki WOW, Begitu Mudah Dapat Rejekinya!
    Smartfren Rejeki WOW, Begitu Mudah Dapat Rejekinya!
    28/02/2021 - 00:22
  • Pemda Pangandaran Kenakan Denda Bagi Warga Tak Pakai Masker
    Pemda Pangandaran Kenakan Denda Bagi Warga Tak Pakai Masker
    27/02/2021 - 23:50
  • Wali Kota Jakarta Timur Ajak Parpol Berkontribusi Nyata Bagi Kebutuhan Warga
    Wali Kota Jakarta Timur Ajak Parpol Berkontribusi Nyata Bagi Kebutuhan Warga
    27/02/2021 - 23:44
  • Kurang Ketatnya Prokes Pemicu Klaster Perkantoran di Ciamis
    Kurang Ketatnya Prokes Pemicu Klaster Perkantoran di Ciamis
    27/02/2021 - 23:32
  • Wapres RI: Rawat Kesepakatan Nasional Sebagai Benteng Pertahanan Tantangan Globalisasi
    Wapres RI: Rawat Kesepakatan Nasional Sebagai Benteng Pertahanan Tantangan Globalisasi
    27/02/2021 - 23:26

TIMES TV

Menko Airlangga Hartarto: Patuhi 3M Saat Liburan Natal dan Tahun Baru

Menko Airlangga Hartarto: Patuhi 3M Saat Liburan Natal dan Tahun Baru

15/12/2020 - 15:25

Teaser Terbaru Wonder Women 1984 Makin Seru

Teaser Terbaru Wonder Women 1984 Makin Seru
Ayo Kunjungi Pameran Virtual Hari Bakti PU ke-75

Ayo Kunjungi Pameran Virtual Hari Bakti PU ke-75
Meluaskan Manfaat

Meluaskan Manfaat
Panglima TNI: Yang Mengganggu NKRI Berhadapan dengan TNI

Panglima TNI: Yang Mengganggu NKRI Berhadapan dengan TNI

iGuides

  • De Potrek Bromo, Cafe Viral Terekomendasi 5 Star iGuides
    19/07/2020 - 16:35
  • Hadir Bernuansa Modern, Bendega Restaurant Bali Terekomendasi 5 Star iGuides
    Hadir Bernuansa Modern, Bendega Restaurant Bali Terekomendasi 5 Star iGuides
    12/10/2019 - 11:05
  • Ambience Unik, The Junction House Seminyak Terekomendasi 5 Star dari iGuides
    Ambience Unik, The Junction House Seminyak Terekomendasi 5 Star dari iGuides
    02/09/2019 - 18:24
  • Pelayanan Prima Platinum Adisucipto Hotel & Conference, iGuides Berikan Recommended 5 Star
    Pelayanan Prima Platinum Adisucipto Hotel & Conference, iGuides Berikan Recommended 5 Star
    26/07/2019 - 20:00
  • Hotel Savana Malang Got Five Stars from iGuides
    Hotel Savana Malang Got Five Stars from iGuides
    25/05/2019 - 23:20

KOPI TIMES

  • “Titipan” untuk Pak Bupati
    “Titipan” untuk Pak Bupati
    27/02/2021 - 11:00
  • Renungan Harlah ke-95 NU: Dosen NU, untuk Apa? 
    Renungan Harlah ke-95 NU: Dosen NU, untuk Apa? 
    27/02/2021 - 09:27
  • Ngopi Pagi: Emphaty
    Ngopi Pagi: Emphaty
    27/02/2021 - 07:30
  • Ngopi Pagi: Iman
    Ngopi Pagi: Iman
    25/02/2021 - 07:56
  • Pembelajaran yang Berpusat pada Siswa
    Pembelajaran yang Berpusat pada Siswa
    24/02/2021 - 16:10
  • Harapan Terhadap Perubahan UU Pemilu
    Harapan Terhadap Perubahan UU Pemilu
    24/02/2021 - 16:06
  • Mengubah Stigma Milenial dalam Dunia Peternakan di Era 4.0
    Mengubah Stigma Milenial dalam Dunia Peternakan di Era 4.0
    24/02/2021 - 13:51
  • Menuju Hubungan Agama dan Negara di Indonesia yang Lebih Baik
    Menuju Hubungan Agama dan Negara di Indonesia yang Lebih Baik
    24/02/2021 - 12:02

KULINER

  • Nasi Liwet, Kuliner Khas Majalengka yang Gurih dan Nikmat
    Nasi Liwet, Kuliner Khas Majalengka yang Gurih dan Nikmat
    27/02/2021 - 16:33
  • Yuk Intip, Cara Pembuatan Sambal Terasi Ala Mojang Cirebon
    Yuk Intip, Cara Pembuatan Sambal Terasi Ala Mojang Cirebon
    27/02/2021 - 07:00
  • Catat, Inilah Resep Pedas dan Gurih Lontong Cap Gomeh
    Catat, Inilah Resep Pedas dan Gurih Lontong Cap Gomeh
    26/02/2021 - 06:27
  • Cold Pressed Juice Clean Label Kaya Manfaat
    Cold Pressed Juice Clean Label Kaya Manfaat
    25/02/2021 - 23:33
  • Jus Honje Produk Ooy Rukoyah Jadi Minuman Khas Pangandaran
    Jus Honje Produk Ooy Rukoyah Jadi Minuman Khas Pangandaran
    25/02/2021 - 16:06
  • Pose Pakai Tanktop Tanpa Bra, Vanessa Angel Jadi Sorotan Warganet
    Pose Pakai Tanktop Tanpa Bra, Vanessa Angel Jadi Sorotan Warganet
    28/02/2021 - 00:00
  • Lionel Messi Gacor, Barcelona Bikin Malu Sevilla
    Lionel Messi Gacor, Barcelona Bikin Malu Sevilla
    28/02/2021 - 00:16
  • Dramatis, Oxford United Selamat dari Kekalahan
    Dramatis, Oxford United Selamat dari Kekalahan
    28/02/2021 - 00:03
  • Penjualan Apartemen Diproyeksi Kinclong Kuartal II 2021, Ada Tapinya
    Penjualan Apartemen Diproyeksi Kinclong Kuartal II 2021, Ada Tapinya
    28/02/2021 - 00:04
  • Dominasi Tim Tamu di Babak 16 Besar Liga Champions
    Dominasi Tim Tamu di Babak 16 Besar Liga Champions
    28/02/2021 - 01:00