Indonesia Positif

Mahasiswa KKN Undip Ubah Kotoran Ayam Jadi Pakan Sapi

Jumat, 19 Februari 2021 - 17:25 | 41.82k
Mahasiswa KKN Undip, Akhmad Wildan Bakhtiar  saat mengambil kotoran ayam untuk diubah jadi pakan sapi di Grobogan, Jumat (19/2/2021). (Foto : Dok Undip)
Mahasiswa KKN Undip, Akhmad Wildan Bakhtiar saat mengambil kotoran ayam untuk diubah jadi pakan sapi di Grobogan, Jumat (19/2/2021). (Foto : Dok Undip)

TIMESINDONESIA, GROBOGAN – Mahasiswa Universitas Diponegoro melaksanakan KKN (Kuliah Kerja Nyata) pada masa pandemi ini di kampung halaman masing-masing.

Pelaksanaan KKN di kampung halaman masing-masing bertujuan untuk mencegah penularan Covid-19 serta mengabdikan diri pada kampung halaman.

Akhmad Wildan Bakhtiar atau yang akrab dipanggil Somad Mahasiswa S1-Peternakan Undip menyambut KKN TIM 1 2021 di kampung halaman sendiri dengan antusias dan senang hati.
Somad merasa bahwa penyelenggaraan kegiatan KKN di masa pandemi ini sangat penting.

Somad bekerjasama dengan masyarakat Desa Jatilor untuk mewujudkan SDGs (Suistanable Development Goals) pada saat masa pandemi ini.

Tema kegiatan yang diusung yaitu “ Pemanfaatan Limbah Sebagai Pakan Alternatif untuk Ternak dan Kerajinan Pada Saat Pandemi Covid-19” yang termasuk SDGs nomor 15 Life on Land (ekosistem darat).

Kotoran ayam memiliki kandungan protein yang sangat tinggi sehingga apabila tidak dimanfaatkan dengan baik akan terbuang sia-sia.

“Kotoran ayam dapat dimanfaatkan menjadi pakan ternak ruminansia apabila telah melewati proses fermentasi selama dua minggu dan menyebabkan pertumbuhan ternak semakin baik,” ungkapnya,  Jumat (19/2/2021).

Berikut cara pembuatan pakan alternatif dari kotoran ayam. Pertama menyiapkan kotoran ayam yang sudah diambil dari peternakan dan dilakukan pemisahan antara kotoran ayam dengan sekam.

Kedua jemur kotoran ayam hingga kering. Kemudian campurkan bahan tambahan untuk fermentasi yang berupa starter, air, urea, kalsium, garam dan molases hingga merata. Terakhir lakukan fermentasi selama dua minggu dan pakan siap diberikan kepada ternak.

Untuk program kerajinan yang perlu disiapkan berupa cangkang telur yang telah dipilah dengan air bersih, jemur cangkang telur yang sudah dicuci hingga kering, siapkan botol dan lem untuk menempelkan cangkang telur.

Selanjutnya, tempelkan cangkang telur pada botol hingga membentuk pola gambar yang diinginkan. Terakhir, rapikan souvenir cangkang telur dengan cat dan siap digunakan sebagai hiasan.

Somad mengajak masyarakat untuk melaksanakan pengolahan limbah menjadi pakan alternatif ternak serta mengubah barang yang tidak memiliki nilai menjadi barang yang bernilai ekonomis dengan cara yang mudah dan praktis.

Tidak lupa juga menyiapkan poster yang menarik untuk dijadikan panduan masyarakat dalam mengolah limbah dan membuat kerajinan serta melakukan kegiatan penyuluhan kepada masyarakat.

Dengan diadakannya kegiatan ini, harapannya masyarakat Desa Jatilor dapat menjadi produktif pada saat masa pandemi ini dengan memanfaatkan limbah yang ada.

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Bambang H Irwanto
Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES