Pendidikan

5 Hal Yang Perlu Diperhatikan Ketika Chat Dosen

Sabtu, 20 Februari 2021 - 07:10 | 62.99k
Mengetik di HP. (Foto: Shutterstock)
Mengetik di HP. (Foto: Shutterstock)

TIMESINDONESIA, MALANGChat dosen menjadi hal yang masih dibingungkan oleh banyak mahasiswa. Apakah kamu juga salah satunya? Ini dia 5 hal yang perlu kamu perhatikan ketika chat dosen!

Salam

Yang pertama, kalian harus menuliskan salam pembuka. Bisa selamat pagi, selamat siang, selamat sore, dan Assalammualaikum. Mengapa penting mengucapkan salam terlebih dahulu? Ini supaya kalian ada kedekatan dengan dosen kalian, sehingga apabila hubungan kalian dekat keperluan kamu bisa cepat teratasi.

Perkenalan Diri

Kemudian perkenalkan diri kalian. Tidak hanya nama saja. Tetapi kalian harus tuliskan nama lengkap, Nomor Induk Mahasiswa (NIM), Program Studi (Prodi), kelas dan tahun angkatan. Karena mahasiswa Dosen kamu tidak hanya kamu dan pasti sangatlah banyak. Hal ini akan memudahkan dosen untuk cepat mengenal kamu dan cepat merespon.

Maksud

Berikutnya kamu harus memberitahukan maksud tujuan menghubungi dosen untuk apa. Misal ingin bertanya, ingin menginformasikan suatu hal, atau ingin menjelaskan sesuatu. Dan tidak udah terlalu bertele-tele dalam mengutarakan maksud, sehingga tuliskan dengan bahasa yang padat, hemat dan efektif agar dosen mudah memahami.

Gunakan Kosakata yang Tepat

Nah yang nggak kalah penting, gunakan kaidah yang sesuai dengan KBBI dan tanda baca yang tepat. Pastikan kosakata kalian baku dan tepat. Dan gunakan kata-kata yang formal. Misal dalam penyapaan dosen, Selamat pagi, Bapak. Itu adalah penulisan yang tepat. Kenapa menggunakan kata Bapak alih-alih kata Pak? Karena kata pak ini digunakan untuk sapaan dengan orang yang lebih tua secara tidak formal, sehingga akan lebih menghormati dan sopan dengan sapaan Bapak.

Akhiri dengan Terima Kasih

Usai merangkai kata, akhiri dengan ucapan terima kasih. Dan pastikan tanda titik usai kalimat tersebut. Ucapan terima kasih ini adalah wujud kalau kamu menghormati atas waktu dan respon dosen, jadi penting untuk diperhatikan.

Itulah 5 hal yang perlu diperhatikan ketika chat dengan dosen. Jangan sampai salah lagi ya. Semoga bermanfaat. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Imadudin Muhammad
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES