Politik

KPU Surabaya Sahkan Kemenangan Eri Cahyadi dan Armuji

Jumat, 19 Februari 2021 - 19:51 | 24.07k
Eri Cahyadi dan Armuji resmi dinyatakan oleh KPU Surabaya sebagai pemenang Pilkada Serentak 2020. (Foto: Ammar Ramzi/Times Indonesia)
Eri Cahyadi dan Armuji resmi dinyatakan oleh KPU Surabaya sebagai pemenang Pilkada Serentak 2020. (Foto: Ammar Ramzi/Times Indonesia)

TIMESINDONESIA, SURABAYA – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Surabaya memutuskan Eri Cahyadi dan Armuji sebagai pemenang Pilkada Surabaya 2020. Hal itu diumumkan secara resmi dalam sidang pleno terbuka tentang Penetapan Pasangan Calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Terpilih, pada Jumat (19/2/2021).

"Memutuskan, menetapkan pasangan calon wali kota dan wakil wali kota Surabaya nomor urut 1, saudara Eri Cahyadi-Armuji sebagai pasangan calon wali kota dan wakil wali kota terpilih dalam Pilkada Surabaya 2020," ujar Agus Turcham, Komisioner KPU Surabaya Divisi Hukum dan Pengawasan dalam pembacaan putusan sidang pleno.

Penetapan Eri-Armuji sebagai calon terpilih itu tertuang dalam Surat Keputusan KPU Surabaya nomor 49/PL.02.7-Kpt/3578/KPU-Kot/2/2021.

Eri Cahyadi

Putusan ini diambil KPU Surabaya setelah Majelis Hakim Mahkamah Konstitusi (MK) membacakan hasil putusan sela sengketa Pilkada Serentak Surabaya 2020 pada Selasa (16/2/2021).

MK menolak gugatan yang diajukan Machfud Arifin dan Mujiaman sebagai pasangan calon tandingan Eri-Armuji. Sebelumnya, mereka menilai ada upaya kecurangan yang dilakukan secara terstruktur dan sistematis oleh pihak Eri-Armuji.

Eri Cahyadi a

Dalam kesempatan sidang pleno ini, Ketua KPU Surabaya, Nur Syamsi, menyampai rasa terima kasih kepada semua pihak atas terselenggaranya Pilkada Serentak 2020 sebagai pesta demokrasi yang berlangsung aman dan damai. Adapun upaya gugatan yang sempat dilayangkan oleh pasangan calon Machfud Arifin dan Mujiaman adalah bagian dari praktik demokrasi.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Imadudin Muhammad
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES