Kesehatan

Mengenal Jenis Susu mulai dari UHT Hingga Pasteurisasi

Sabtu, 20 Februari 2021 - 03:33 | 155.49k
Susu (FOTO: jd.id)
Susu (FOTO: jd.id)

TIMESINDONESIA, JAKARTASusu dikenal sebagai minuman yang baik untuk kesehatan sekaligus pertumbuhan. Sejak bayi, kita sudah minum susu, mulai dari ASI (Air Susu Ibu). 

Selepas ASI dapat dilanjutkan dengan susu pertumbuhan. Susu menjadi pelengkap menu sehat sehari-hari. 

Susu sendiri dibedakan menjadi beberapa tipe. Yaitu susu murni (whole milk), susu kurang lemak (reduced fat milk), susu rendah lemak (low fat milk) dan susu bebas lemak (free-fat milk atau susu skim (skim milk). 

Susu sendiri sebenarnya mengandung lemak 3,25 persen lemak susu dan 8,25 persen padatan susu bukan lemak yaitu protein, karbohidrat, witamin larut air, dan mineral. 

Di pasaran terdapat berbagai jenis susu yang dijual. Mulai dari susu segar atau susu murni, susu bubuk, susu pasteurisasi, susu evaporasi, susu kental manis, dan susu UHT

Nah yuk kenalan sama jenis-jenis susu tersebut. 

Susu segar

Susu-segar.jpg(FOTO: copyright pixabay.com)

Susu segar atau susu murni adalah susu yang langsung diperah dari sapi, kambing atau kerbau. Untuk mengonsumsinya cukup dengan direbus sampai mendidih. Karena masih murni, susu ini sangat baik untuk dikonsumsi. Karena mengandung ragam vitamin dan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh. Seperti karbohidrat, protein, lemak, mineral dan berbagai vitamin A, B, C, D. 

Karena susu segar, atau murni susu ini tidak bisa disimpan terlalu lama pada suhu ruang. Sebaiknya simpan susu murni di kulkas atau freezer.

Susu Evaporasi

Susu-evaporasi.jpg(FOTO: hellosehat.com)

Susu evaporasi adalah susu yang diolah dengan cara dipanaskan selama beberapa waktu. Susu ini terbentuk melalui pemanasan susu menggunakan pompa vakum untuk menghilangkan sekitar 60 persen kadar airya. 

Selain menghilangkan air, susu evaporated ini juga ditambahkan vitamin D dan standarisasi nutrisi lainnya. 

Selanjutnya susu akan dipanaskan lagi pada suhu 115,5 hingga 118,5 derajat celcius selama 15 menit. Hasilnya susu ini akan berstruktur lebih pekat dibanding dengan susu murni. 

Susu kental manis

Susu kental manis adalah turunan dari susu evaporasi. Setelah mengurangi kadar air, selanjutnya diberi gula. Kandungan gula yang tinggi itu membuat susu ini dapat tahan lama.

Perlu diperhatikan jika membeli susu kental manis ya. Baik masa kadaluarsa maupun kemasan. Biasanya susu kental manis dikemas dalam kaleng. Jika kaleng kemasan berkarat atau penyok, sebaiknya tidakk dipilih. 

Oiya susu ini punya kandungan gula yang tinggi dan memiliki kadar protein dan vitamin yang rendah. Jadi tidak cocok untuk bayi. 

UHT

Susu UHT adalah susu yang sangat popuper. Kemasannya yang mungil membuat susu ini mudah dibawa ke mana saja. UHT atau Ultra High Temperature adalah susu yang diproses dengan temperatur tinggi atau teknologi pengawetan. 

Dengan teknologi itu susu ini akan lebih awet. Caranya susu dipanaskan selama 2-3 detik dengan suhu 150 derajat celcius. Lalu segera didinginkan sampai 5 derajat celcius. Tujuan pemanasan singkat itu untuk mencegah kerusakan nilai gizi, aroma dan rasa. Namun dapay membunuh kuman atau mikroorganisme termasuk bakteri pantogen. 

Susu pasteurisasi

Louis Pasteur seorang ilmuwan Perancis yang menemukan teknik pasteurisasi. Tes pasteurisasi pertama diselesaikan oleh Pasteur dan Claude Bernard pada 20 April 1862.

Pasteurisasi merupakan proses pemanasan makanan untuk membunuh organisme merugikan, seperti virus, protozo, kapang dan khamir. 

Karena pasteurisasi juga dapat membunuh sebagian jasad renik pembusuk yang memperpendek daya simpan susu, maka susu yang sudah dipasteurisasi relatif lebih awet dari pada susu segar. Mengenai nilai gizinya, relatif sama dengan susu segar.

Susu bubuk

Susu bubuk juga salah satu susu yang paling banyak dikonsumsi. Susu ini diproses dengan cara dipanaskan hingga kering (bubuk). 

Karena bentuknya yang kering maka susu ini jauh lebih awet dibanding jenis susu lainnya. Susu bubuk akan awet jika menyimpan dengan baik dan benar. Yaitu di wadah tertutup rapat dan kering. Hindari penyimpanan di tempat yang lembap ya. 

Jadi Susu mana yang paling sering Anda konsumsi? Minum susu baik untuk menjaga kesehatan dan daya tahan tubuh ya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Dhina Chahyanti
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES