Pemerintahan

Inovasi PBB-P2 Sebagai Double Stimulus Bagi Masyarakat Ciamis

Jumat, 19 Februari 2021 - 20:00 | 27.86k
Bupati Ciamis, Herdiat Sunarya mengapresiasi inovasi PBB-P2 (FOTO: Humas Kabupaten Ciamis)
Bupati Ciamis, Herdiat Sunarya mengapresiasi inovasi PBB-P2 (FOTO: Humas Kabupaten Ciamis)

TIMESINDONESIA, CIAMIS – Penerapan inovasi pembayaran PBB-P2 (Pajak Bumi dan Bangunan, Pedesaan dan Perkotaan) di Kecamatan Kawali, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat tidak hanya memberikan kemudahan membayar pajak saat pandemi. Hal ini juga memberikan double stimulus bagi setiap desa yang berpartisipasi.

"Double stimulus tersebut diberikan oleh Bupati Ciamis, Herdiat Sunarya yaitu berupa penghargaan satu unit kendaraan roda dua bagi setiap desa yang melunasi PBB-P2 1x24 jam sejak berita acara serah terima SPPT (Surat Pemberitahuan Pajak Terhutang) PBB-P2 ditandatangani lalu diterima oleh camat," ujar Kurniawan, Kepala Badan Pengelolaan Keuangan Daerah (BPKD) Kabupaten Ciamis, Jumat (19/2/2021).

Herdiat-Sunarya-7.jpgKetua BPKD Ciamis menjelaskan double stimulus bagi yang berpartisipasi dalam pembayaran PBB-P2 (FOTO: Humas Kabupaten Ciamis)

Stimulus yang kedua berupa penghapusan sanksi administrasi yaitu seperti denda piutang pajak yang belum dibayarkan sampai akhir tahun 2020.

"Semoga inovasi double stimulus dari Bupati Ciamis ini bisa memberikan motivasi dan percepatan dalam pembayaran pajak di Kabupaten Ciamis. Semoga juga lebih memudahkan masyarakat dalam membayar pajak saat pandemi ini," harapnya.

Untuk mempermudah pembayaran PBB-P2 tersebut, BKPD juga mengeluarkan inovasi pada Februari 2020. Inovasi itu disebut dengan SIJAGO (Sistem Informasi Pajak Galuh Online).

Herdiat-Sunarya-8.jpgBupati Ciamis, Herdiat Sunarya memberikan kendaraan roda dua yang menjadi salah satu stimulus untuk yang berpartisipasi dalam pembayaran PBB-P2 (FOTO: Humas Kabupaten Ciamis)

Adapun 6 tempat lainnya yang bisa dilakukan transaksi pembayaran PBB-P2 ini. Itu adalah kantor kas BJB, aplikasi BJB digi, Bukalapak, Shopee, Alfamart, Indomaret, BKPD Lakbok dan Bumdes.

Bupati Ciamis juga mengapresiasi inovasi PBB-P2 ini. "Inovasi PBB-P2 sangat efektif mempermudah dalam membayar pajak tahunan. Terbukti dengan adanya 9 Desa di Kecamatan Kawali yang telah lunas membayar pajak melalui metode yang diterapkan inovasi ini," tandasnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES