Pemerintahan

Uji Coba Sekolah Tatap Muka Jadi Prioritas Bupati Jember Terpilih Hendy Siswanto

Jumat, 19 Februari 2021 - 19:27 | 26.67k
Bupati Jember terpilih Hendy Siswanto. (FOTO: Muhammad Faizin/TIMES Indonesia)
Bupati Jember terpilih Hendy Siswanto. (FOTO: Muhammad Faizin/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, JEMBER – Bupati Jember terpilih, Hendy Siswanto menggulirkan rencana untuk uji coba sekolah tatap muka dengan mematuhi protokol kesehatan (prokes) secara ketat. Rencana itu akan menjadi salah satu kebijakan awal yang akan ia eksekusi, begitu dilantik. 

Sebagai langkah awal, uji coba sekolah tatap muka akan dilakukan hanya di beberapa sekolah yang ada di wilayah kota dengan mekanisme yang ketat. Uji coba sekolah tatap muka itu tetap memberlakukan pembelajaran secara daring.

“Jadi harus dikombinasikan antara daring dan luring. Tidak boleh full tatap muka. Di sekolah juga bergantian, paling lama 2 sampai tiga jam,” jelas Hendy saat dikonfirmasi awak media pada Jumat (19/2/2021). 

Sekolah yang dijadikan pilot project, nantinya akan dilengkapi alat atau sistem pemantau untuk memastikan protokol kesehatan seperti jaga jarak, penggunaan masker dan cuci tangan, benar-benar diterapkan. 

“Kami sudah buat aplikasinya. Nanti guru akan memotret, misalkan jarak duduknya dan itu akan dikirim ke database kami. Kami juga akan bentuk tim pemantau. Nantinya satu kelas maksimal ada 20 orang dan masuknya juga bergantian,” ujar mantan birokrat di Kemenhub ini. 

Diakui Hendy, penyiapan aplikasi untuk memantau ini membutuhkan anggaran khusus.

Padahal di sisi lain, saat ini Jember belum memiliki APBD 2021 karena permasalahan yang ditinggalkan bupati sebelumnya. 

“Ya memang kita tahu semua, APBD Jember saat ini belum ada, padahal itu adalah urat nadi Jember. Tetapi kaitannya dengan uji coba tatap muka, saya kira dampaknya tidak terlalu besar,” ujar Hendy. 

Uji coba sekolah tatap muka yang dikombinasikan dengan sistem daring dan taat prokes, menurut Hendy sangat penting untuk segera dilakukan.

Sebab, sejak pendidikan sistem daring diberlakukan selama hampir setahun ini, banyak keluhan dari berbagai pihak. 

“Ini bukan cuma masalah guru saja. Tetapi ini soal generasi yang bisa hilang kesempatannya,” tutur Hendy. 

Rencananya, uji coba sekolah tatap muka itu akan digulirkan Bupati Jember terpilih Hendy Siswanto, pada awal Maret 2021. Sebab, hal itu menjadi prioritas utama bagi Hendy setelah dirinya dilantik. Namun karena pelantikan yang semula direncanakan pada 17 Februari 2021 lalu mundur, maka rencana uji coba tersebut hampir pasti juga mundur. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Dody Bayu Prasetyo
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES