Entertainment

Mengenang Kepergian Azis Franklin, Sosok Seniman Multitalenta

Jumat, 19 Februari 2021 - 16:04 | 99.62k
Azis Franklin saat bermain Sape di Dewan Kesenian Malang (DKM). (Foto: Dokumen Pribadi)
Azis Franklin saat bermain Sape di Dewan Kesenian Malang (DKM). (Foto: Dokumen Pribadi)

TIMESINDONESIA, MALANG – Legenda seniman Malang, Azis Franklin telah berpulang, Jumat (19/02/2021). Semasa hidupnya Azis Franklin dikenal multi talenta, dan berkontribusi dalam menghidupkan dunia seni di Kota Malang,

Jose Rizal Joesoef, teman lama dari almarhum Azis Franklin menceritakan betapa hebatnya Azis sebagai seniman.

"Dia itu teman baik saya sudah 10 tahun. Kemudian dia seorang seniman yang boleh dikatakan multitalenta dan sangat langka. Dia ini pemain musik, bisa sulap sampai hypnoteraphy," ujar Rizal saat dihubungi TIMES Indonesia, Jumat (19/02/2021).

Anggota DPRD Kota Malang itu menuturkan, selain multitalenta, Azis adalah orang yang sangat entertaint dan mampu menghibur anak-anak dengan lebih dalam. Sosok Azis Franklin dikenal sangat disukai anak-anak.

"Dia (Azis) itu disukai anak-anak, pandai sekali. Dengan keterampilannya mampu menjadi seorang entertaint yang baik. Utamanya bagi anak-anak, padahal itu yang paling sulit. Kalau kita menghibur orang tua kan gampang, kalau anak-anak ini gak gampang dan dia itu jago sekali," beber dosen Ilmu Ekonomi Universitas Gajayana Malang itu.

Rizal menuturkan, terakhir bertemu oleh almarhum Azis itu ketika masih berada di RS Lavalette.

"Dia (Azis) ini awalnya sakit Liver. Livernya saat diketahui dokter itu sudah pada stadium lanjut. Lalu akhirnya dia disarankan untuk dirawat di rumah dan dia meninggal dunia di rumah," katanya.

Rizal mengisahkan, dirinya selalu mengikuti Azis ke mana pun dia tampil. Dia pun mengingat penampilan terakhir almarhum.

"Saya sering ikut ke manapun almarhum tampil dulu dan yang terakhir itu ya di ulang tahun DKM," imbuhnya.

Sebagai seniman, Azis adalah sosok yang sangat mencintai musik. Dalam keseharian, lanjutnya, Azis tak pernah mengeluh soal belum makan atau kecapekan.

Rizal mengenal Azis sebagai sosok yang rajin berkreasi dan totalitas dalam dunia berkesenian.

"Sampai kadang melupakan dirinya dan gak pernah mengeluh. Ya itulah sosok Azis yang saya kenal," tuturnya.

Ia juga mengenang sosok Azis yang suka mendongeng kepada semua orang, khususnya anak-anak. Hal itu sangat membekas dan menjadi salah satu kemampuan Azis Franklin yang diapresiasi banyak orang. Bahkan, Azis Franklin tak segan untuk menularkan talentanya kepada anak-anak

"Dia juga bisa mendongeng juga, dia juga bisa semuanya. Mulai lagu daerah, lagu anak-anak dan segala seni bisa dia lakukan. Itu yang membuat saya jarang ada yang bisa, itu kelebihan almarhum dan saya respek sekali kepada beliau," ucapnya mengenang.

Almarhum Azis Franklin, seniman multitalenta itu akan dimakamkan di TPU Sukun, Kota Malang, Sabtu (20/02/2021) besok. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ferry Agusta Satrio
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES