Glutera News

9 Alasan Tubuh Anda Butuh Konsumsi Suplemen Setiap Hari

Jumat, 19 Februari 2021 - 11:07 | 62.29k
FOTO: Glutera
FOTO: Glutera

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Setiap hari, tubuh kita memerlukan asupan nutrisi yang cukup agar bisa menjalankan fungsinya dengan baik. Nutrisi bisa didapatkan dari makanan seperti sayuran dan buah-buahan. Namun, tidak semua orang dapat mengkonsumsi sayur dan buah-buahan dengan baik. Oleh karena itu, untuk menjaga tubuh tetap tercukupi kebutuhan nutrisinya, kita membutuhkan bantuan konsumsi suplemen.

Suplemen merupakan makanan pendamping bukan pengganti makanan. Suplemen makanan pada umumnya mengandung vitamin dan mineral yang tidak dapat diproduksi oleh tubuh. 

glutera suplemen

Karena untuk tetap sehat dan aktif kita harus memenuhi kebutuhan gizi yang belum tentu dapat terpenuhi jika hanya dari makanan sehari-hari, karena beberapa faktor berikut. 

1. Pola Makan

Pola makan yang baik adalah pola makan sehat & seimbang, namun penelitian mengatakan, banyak orang tidak mendapatkan cukup vitamin & mineral dalam makanan sehari-hari. Itulah mengapa kita perlu suplemen untuk membantu mencapai kesehatan optimal & mengurangi resiko kesehatan (jurnal American Medical Association 2002; 287;3127-3129).

2. Proses Pemasakan

Proses pemasakan dapat mengurangi nilai kandungan gizi bahan makanan, seperti proses memotong, mengiris, mencacah bahan pangan. Penggunaan panas/suhu tinggi pun dapat menambah kerusakan nilai gizi makanan, terutama metode menggoreng dan deep-frying.

3. Gaya Hidup

Gaya hidup yang tidak sehat seperti merokok, minum-minuman beralkohol dan kurang berolahraga dapat meningkatkan kebutuhan tubuh terhadap zat gizi tertentu.

Berikut 9 alasan mengapa kamu harus mengonsumsi suplemen setiap hari.

glutera suplemen 2

1. Meningkatkan daya tahan tubuh

Mengingat tubuh tidak dapat memproduksi vitamin sendiri, maka tubuh memerlukan sumber vitamin dari luar. Contohnya vitamin C. Vitamin ini berguna untuk meningkatkan daya tahan tubuh dari serangan penyakit, sekaligus sebagai antioksidan yang dapat membantu mengatasi kerusakan otot saat melakukan latihan beban.

2. Meningkatkan metabolisme tubuh

Beberapa gangguan metabolisme dan pencernaan, dapat mempengaruh penyerapan makanan dalam tubuh, yang bisa menyebabkan menurunnya asupan  cukup nutrisi dalam tubuh. Di sinilah peran suplemen. Mengkonsumsi suplemen dalam jumlah yang cukup membantu meningkatkan metabolisme dan mencukupi kebutuhan nutrisi tubuh.

3. Mengisi gap antara gizi yang kamu konsumsi dengan yang kamu butuhkan

Menurut data laman whohealth, tercatat 90% orang tidak mendapatkan jumlah nutrisi penting yang direkomendasikan hanya dari makanan. Sebagian besar dari kita gagal memenuhi rekomendasi diet karena diet ketat, nafsu makan yang buruk, atau perubahan kebutuhan nutrisi. 

Sesuai dengan bertambahnya usia seseorang, maka kegiatannya pun akan berubah. Tentunya kebutuhan gizinya pun akan ikut berubah. Konsumsi suplemen setiap hari dimaksudkan untuk mengisi kesenjangan nutrisi, ada ruang yang belum terpenuhi antara nutrisi yang kamu dapatkan dari apa yang kamu makan dengan apa yang tubuh kamu butuhkan. Suplemen membantu memastikan kamu mendapatkan jumlah nutrisi yang tepat yang disesuaikan dengan kebutuhan makanan kamu.

4. Penyerapan nutris menurun seiring bertambahnya usia

Bukan hanya karena bertambahnya usia, pada anak-anak dengan kondisi tertentu juga bisa saja mengalami penyerapan nutrisi lambat atau menurun.

Malabsorpsi adalah salah satu masalah kesehatan karena tubuh seseorang tidak memiliki kemampuan yang sama untuk memecah dan menyerap nutrisi dengan baik atau tidak memiliki kemampuan yang sama seperti sebelumnya.

Produksi enzim pencernaan, yang memecah dan menyerap nutrisi dari makanan, secara alami juga bisa menurun karena seseorang  semakin tua. Sebagian orang juga banyak minum obat karena kondisi kesehatan tertentu dan obat-obatan modern ada yang menguras nutrisi penting bagi tubuh. Dalam kondisi demikian, suplemen dapat membantu memulihkan ketidakseimbangan yang terjadi dalam tubuh.

5. Suplemen membantu tubuh menghindari ancaman bahan kimia berbahaya

Alasan penting kenapa seseorang membutuhkan suplemen adalah karena suplemen dapat membantu tubuh terhindar dari ancaman bahan kimia berbahaya yang masuk melalui makanan, polusi udara atau obat-obatan.

Pestisida dan herbisida adalah contoh yang paling sering masuk ke dalam tubuh dan masalah lingkungan eksternal lainnya seperti polusi secara drastis meningkatkan kebutuhan kita akan vitamin dan mineral tambahan. 
Bahan kimia berbahaya ini menciptakan radikal bebas yang menyerang sistem pencernaan dan kekebalan tubuh kita. Suplemen dengan antioksidan dapat membantu melawan radikal bebas kamu hadapi sehari-hari.

6. Olahraga membuat tubuh kamu butuh asupan lebih

Apakah saat ini kamu memiliki olahraga kegemaran? Apakah kamu seorang atlet atau public figure yang dituntut untuk sering olahraga untuk tetap bugar?

Saat berolahraga, tubuh kamu menggunakan energi dan nutrisi yang telah disimpan dalam tubuh. Sangat penting untuk mengisi kembali nutrisi yang terpakai, itulah bahan bakar energi tubuh kamu.

Suplemen mampu membuat energi tetap terjaga dan pemulihan setelah olahraga yang intens terasa lebih smooth. Pegal dan nyeri setelah olahraga bisa terasa berkurang karena badan kamu terasa super fit.
Mengonsumsi suplemen protein adalah cara cepat dan mudah untuk mendapatkan kalori yang dibutuhkan daripada harus makan semangkuk pasta dan ayam.

7. Kebiasaan konsumsi makanan mengenyangkan tapi nggak bergizi

Siapa nih yang sering makan asal kenyang, tapi nggak memikirkan kandungan gizi di dalamnya. Kalau seperti itu, kira-kira kamu sudah adil belum ya sama tubuh kamu?
Tubuh yang capek dipakai kerja seharian, tentu membutuhkan gizi seimbang untuk kembali dipakai esok hari.

Kebiasaan makan yang nggak mengandung gizi, makan junk food olahan, dan stres berkontribusi pada pencernaan yang buruk. Akibatnya tubuh kesulitan untuk mengekstrak semua nutrisi yang dibutuhkan dari makanan.

Pemberian suplemen tidak dapat menggantikan pola makan yang buruk, tapi setidaknya dapat membantu mencegah kerusakan parah yang disebabkan oleh kebiasaan makan sembarangan.

8. Mencegah sakit yang mungkin bisa menghabiskan biaya mahal

Sebelum terlambat, ada baiknya dicegah saja. Rasanya ini lebih bijak ya!
Akumulasi dari kebiasaan buruk yang dilakukan sehari-hari bisa menyumbang pada kondisi tubuh kurang gizi seimbang.

Mengonsumsi suplemen setiap hari, berolahraga secara teratur, dan istirahat yang cukup adalah 3 hal penting untuk mencegah timbulnya masalah kesehatan yang menguras tabungan kamu di masa depan.

9. Investasi untuk masa depan

Pernah nggak kamu mendengar kalimat, "You are what you eat."

Apa yang kamu konsumsi hari ini, ya itulah kondisi kamu saat ini. Bukan hanya saat ini, tapi itulah masa depan kamu. Bayangkan kalau kamu tidak mencoba untuk hidup lebih sehat mulai dari sekarang.

Dr. Manson dari Harvard mengatakan, ada juga kemungkinan efek plasebo untuk mengonsumsi suplemen. "Orang-orang merasa lebih sehat jika mereka melakukan sesuatu yang mereka yakini membuat mereka sehat."
Bukan sekedar meyakini, ada juga riset yang sudah pernah dilakukan sebelumnya.

glutera suplemen 3

Masih mengutip dari laman Harvard, "Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa asam folat dan vitamin B-kompleks dapat mengurangi risiko stroke. Juga, Physicians 'Health Study II, yang diterbitkan pada 2012 oleh para peneliti Harvard, menemukan bahwa pria yang mengonsumsi multivitamin setiap hari selama 11 tahun memiliki risiko kanker 8% lebih rendah dan risiko katarak 9% lebih rendah dibandingkan dengan kelompok plasebo."

Jadi, jika kamu rutin konsumsi suplemen setiap hari mulai dari saat ini, maka kamu sudah berinvestasi untuk masa depanmu. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES