Pendidikan

Wujudkan MBKM, Prodi Biologi UMM Kirim 6 Mahasiswanya Belajar di Kampus Lain

Jumat, 19 Februari 2021 - 15:35 | 31.81k
Universitas Muhammadiyah Malang. (Foto: Naufal Ardiansyah/TIMES Indonesia)
Universitas Muhammadiyah Malang. (Foto: Naufal Ardiansyah/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, MALANG – Program Studi Biologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UMM (Universitas Muhammadiyah Malang) telah merancang skema pertukaran mahasiswa untuk mendukung Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yang digulirkan oleh Kemdikbud RI.

Bentuk konkretnya, enam mahasiswa Prodi Biologi akan menempuh menempuh perkuliahan lintas kampus bekerjasama dengan beberapa universitas terkemuka

Ketua Prodi Pendidikan Biologi Dr. Iin Hindun mengatakan bahwa Program MBKM NUNI 2021 terselenggara atas kerja sama antara UMM dengan beberapa universitas terkemuka di Indonesia yang tergabung dalam Nationwide University Network in Indonesia atau NUNI.

"Alhamdulillah enam mahasiswa Biologi lolos seleksi dan bersiap untuk mengikuti pembelajaran,” katanya, Jumat (19/2/2021).

Lebih lanjut, Hindun juga mempertegas bahwa keenam mahasiswa yang berhasil lolos pada program ini diterima di berbagai kelas yang berbeda di setiap universitas. Semua mahasiswa akan melaksanakan kegiatan MBKM NUNI ini selama satu semester penuh.

“Mahasiswa-mahasiswa yang sudah lolos nanti akan mengikuti perkuliahan sesuai dengan jadwal di masing-masing universitas. Durasi totalnya adalah satu semester penuh,” tegasnya.

Sebelum dinyatakan lolos, mereka harus melewati proses seleksi yang ketat. Pasalnya, mereka harus bersaing dengan mahasiswa dari berbagai kampus untuk memperebutkan 5 sampai 10 kuota mahasiswa pada setiap mata kuliah dalam satu universitas.

Diakui oleh Egar Aldiyaksa Akbar, proses seleksi program ini mewajibkan peserta untuk membuat esai tentang motivasi dan rencana belajar jika diterima pada program MBKM NUNI 2021.

“Selain syarat administratif pada umumnya, kami diwajibkan membuat esai tentang motivasi dan rencana belajar ke depannya,” papar mahasiswa yang diterima belajar pada program studi di Universitas Atma Jaya Yogyakarta tersebut.

Secara khusus, prodi Pendidikan Biologi UMM membentuk Tim Satgas MBKM Prodi yang bertugas untuk melakukan sosialisasi kepada seluruh civitas akademika.

Lebih lanjut, Hindun berharap program MBKM benar-benar dapat membekali mahasiswa menghadapi persaingan global.

“Dengan adanya program MBKM ini mahasiswa UMM dapat menyerap ilmu yang tidak terbatas yang nantinya akan menjadikan mahasiswa yang siap untuk mengahadapi persaingan dunia kerja global,” pungkasnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES