Pendidikan UIN Malang

UIN Malang Satu-satunya PTKIN di Indonesia yang Masuk 10 Kampus Islam Terbaik di Dunia

Jumat, 19 Februari 2021 - 14:39 | 221.78k
UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. (Foto: Naufal Ardiansyah/TIMES Indonesia)
UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. (Foto: Naufal Ardiansyah/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, MALANGUIN Maulana Malik Ibrahim Malang (UIN Malang) menjadi satu-satunya Perguruan Tinggi Keamanan Islam Negeri (PTKIN) yang berada di bawah Kemenag RI dengan predikat kampus Islam terbaik dunia versi UniRank.

Dalam rilis UniRank itu, UIN Malang berada di peringkat 9 dan unggul dari Universitas Islam Indonesia (UII) yang berada di peringkat 10. Rilis bisa diakses melalui laman https://www.4icu.org/top-religious-universities/islamic/.

INFORMASI SEPUTAR UIN MALANG DAPAT MENGUNJUNGI www.uin-malang.ac.id

Di Malang, Jawa Timur, hanya ada dua kampus Islam yang masuk peringkat 10 besar, yakni Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) yang menduduki peringkat 1 dan UIN Maulana Malik Ibrahim Malang di posisi kesembilan.

UMM unggul dari kampus-kampus Islam ternama lainnya yaitu Iran University of Science and Technology di posisi kedua, dan Cairo University di urutan ketiga.

UniRank merilis sekita 408 perguruan tinggi Islam di dunia. Salah satunya adalah UIN Malang yang masuk di peringkat 9 kampus Islam terbaik di dunia.

INFORMASI SEPUTAR UIN MALANG DAPAT MENGUNJUNGI www.uin-malang.ac.id

Rektor UIN Malang Prof Dr Abdul Haris bersyukur atas pencapaian Kampus Ulul Albab ini. Menurutnya, pencapaian prestasi tingkat dunia ini tidak didapat secara instan tapi melalui proses yang sangat panjang.

"Ini adalah energi baru untuk terus meningkatkan kualitas kita semua, baik mahasiswa, dosen, alumni dan seluruh civitas akademika UIN Maulana Malik Ibrahim Malang," katanya, Kamis (18/2/2021).

Sebagai lembaga pembuat rangking perguruan tinggi internasional yang berbasis di Sydney, UniRank setiap tahunnya melakukan penilaian dan merilis perguruan tinggi terbaik di dunia.

INFORMASI SEPUTAR UIN MALANG DAPAT MENGUNJUNGI www.uin-malang.ac.id

Beberapa kriteria penilaian internal UniRank adalah perguruan tinggi tersebut diakui dengan sertifikat atau akreditasi dari lembaga terkait di masing-masing negara, menawarkan paling tidak 4 tahun sarjana dan Pascasarjana (magister dan doktor) serta menyampaikan mata kuliah dalam kurikulum tradisional, tatap muka dan format pendidikan jarak jauh.

Sementara itu, Kepala Pusat Teknologi Informasi dan Pangkalan Data (PTIPD) UIN Maliki Malang, Mukhlish Fuadi, menjelaskan bahwa pihaknya selalu berupaya melakukan perbaikan di bidang informasi dan teknologi.

"Untuk IT UIN Malang kita hanya fokus untuk memberikan layanan IT yang terbaik terlebih dalam kondisi pandemi ini, adapun memperoleh ranking tersebut adalah bonus," katanya kepada TIMES Indonesia.

INFORMASI SEPUTAR UIN MALANG DAPAT MENGUNJUNGI www.uin-malang.ac.id

Mukhlish juga menjelaskan bahwa UIN Malang pada tahun 2020 berhasil memperoleh HKI sebanyak 17 inovasi.

"Kami upayakan akan terus bertambah di tahun ini," tegasnya.

Salah satu aplikasi yang telah mendapatkan HKI adalah Simira UIN Maliki Malang. Aplikasi ini dibuat untuk mempermudah proses pemilihan raya mahasiswa. Aplikasi dapat diakses di laman https://simira.uin-malang.ac.id/. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES