Indonesia Positif

TMMD 110 Wujud Sinergi TNI AD dalam Membangun Negeri

Kamis, 18 Februari 2021 - 23:06 | 47.01k
Rakornas TMMD 110 (Foto: Dispenad)
Rakornas TMMD 110 (Foto: Dispenad)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Sebanyak 50 Kodim (Satgas TMMD) di 15 Kodam jajaran TNI AD telah siap memberikan pengabdian terbaiknya untuk mewujudkan sinergi membangun negeri di awal tahun 2021 ini. Melalui kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) dilaksanakan secara terpadu dan lintas sektoral bersama Kementerian, Lembaga Pemerintah Non Kementerian, Pemerintah Daerah serta Komponen Masyarakat sebagai upaya untuk mendukung percepatan pembangunan di daerah.

Ungkapan tersebut disampaikan Wakil Asisten Teritorial (Waaster) Kasad Bidang Tahwil, Komsos dan Bakti TNI  Brigjen TNI Toto Nurwanto, S.I.P., M.Si.  mewakili Aster Kasad selaku Pati Bidang Perencanaan Penanggung Jawab Operasional (PJO) TMMD, saat membuka dan memimpin Rakornis TMMD ke-110 melalui video conference di Gedung E, Puskodalad Mabesad, Jakarta Pusat, Kamis (18/2/2021) yang dihadiri i langsung oleh Waaster Panglima TNI, para Pejabat TNI dan Polri, perwakilan Dirjen Kementerian RI, serta diikuti secara virtual oleh para Kasdam, Aster Kasdam, Kapendam, Bupati, Walikota, Ketua DPRD, Kepala Bappeda, serta para Dansatgas TMMD ke- 110.

Rakornas-TMMD-110-2.jpg

Dengan menerapkan protokol kesehatan Covid-19, Rakornis TMMD yang diikuti secara tersebar di Puskodal masing-masing Kotama dan Kodim itu, Brigjen TNI Toto Nurwanto menyampaikan bahwa TMMD ke-110 akan dilaksanakan selama 30 hari (2 - 31 Maret 2021) dan dilaksanakan secara serentak di 50 Kabupaten/Kota, dengan mengerahkan 7500 prajurit yang tergabung dalam 50 Satgas TMMD.

Dengan mengusung tema “TMMD Wujud Sinergi Membangun Negeri”,  lebih lanjut Waaster Kasad mengatakan bahwa TMMD ke-110 dilaksanakan di awal tahun 2021, dengan sasaran prioritas terutama kepada daerah miskin tertinggal, terisolir dan terpencil, daerah kumuh perkotaan, daerah perbatasan dan pulau terluar, serta daerah yang terkena dampak bencana alam.  

“Untuk itu saya tekankan agar dalam pelaksanaannya dilakukan secara terkoordinasi dengan semua pihak, sehingga terjalin sinergitas untuk mengoptimalkan hasil TMMD yang tepat sasaran dalam mewujudkan Desa TMMD sebagai percontohan desa yang berwawasan kebangsaan,” ucapnya.

Lebih lanjut Waaster Kasad menyampaikan bahwa dalam pelaksanaan TMMD ke-110 TA 2021 juga  dilaksanakan Lomba Karya Jurnalistik yang diikuti oleh para Kapendam, para Kapenrem, Dansatgas TMMD, wartawan media cetak/online dan elektronik nasional serta daerah, dan diharapkan penyelenggaraan TMMD ke-110 ini dapat dipublikasikan lebih masif lagi.

Pada kesempatan yang sama, Plt. Dirjen Kesmas Kemenkes RI drg. Kartini Rustandi, M.Kes.  secara virtual  juga memaparkan tentang “Intervensi Kesehatan Lingkungan tahun 2021 dalam kegiatan TMMD”.

Diungkapkan Kartini  bahwa tahun 2021 merupakan tahun kedua intervensi kesehatan lingkungan pada daerah sulit melalui peningkatan kualitas sanitasi lingkungan kerja sama dengan TNI AD dengan target 150 desa. Manfaat yang dirasakan masyarakat baik peningkatan  kualitas lingkungan maupun peningkatan kualitas ekonomi masyarakat sangat berdampak positif. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Imadudin Muhammad
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES