Indonesia Positif

Auditor dan Jabatan Fungsional Nagan Raya Aceh Dilantik

Kamis, 18 Februari 2021 - 23:00 | 39.77k
Pelantikan dan pengukuhan auditor dan jabatan fungsional lain di Nagan Raya, Aceh (Kamis (18/2/2021) (Foto: Diskominfo Nagan Raya)
Pelantikan dan pengukuhan auditor dan jabatan fungsional lain di Nagan Raya, Aceh (Kamis (18/2/2021) (Foto: Diskominfo Nagan Raya)

TIMESINDONESIA, ACEH – Sembilan auditor dan jabatan fungsional lainnya dilantik dan dikukuhkan oleh Bupati Nagan Raya, HM Jamin Idham, SE, melalui Sekda Ir H Ardi Martha,  di Aula Kantor Inspektorat, Komplek Perkantoran Suka Makmue, Nagan Raya, Aceh.

"Jabatan fungsional yang dilantik dan diambil sumpah adalah 3 auditor pertama, termasuk satu jabatan fungsional pertama di Bagian Pengadaan Barang dan Jasa (PBJ) Setdakab. Sedangkan 6 auditor lainnya hanya dikukuhkan saja," ujar Sekdakab Ardi Martha, Kamis (18/2/2021).

Mereka yang dilantik dalam jabatan fungsional auditor pertama masing-masing Erlinawati, SE, Boy Marantika, SE dan Zubir, S.Sos. Sementara 6 auditor lainnya, yakni Aja fitriah, SE, Sri Wahyuni, ST, Kemala Hayati, SE, Cut intan Mutia Putri, SE, Sri Marlinda, SE dan Elly Puspita Sari, SE. Sedangkan jabatan fungsional pertama PBJ yang dilantik atas nama T Zainal Abidin, S, Ab.

Dalam kesempatan tersebut, Sekda Ardi Marta mengatakan, bahwa Inspektorat Kabupaten Nagan Raya masih berada pada level dua dan keberadaan auditor yang terdiri dari 9 orang tidaklah mencukupi standar kebutuhan di Pemkab Nagan Raya yang memiliki 222 Gampong dan 45 perangkat daerah.

"Beban yang dipikul terlalu besar, sehingga kekurangan jumlah auditor menjadi salah satu penyebab inspektorat naik ke level 3," imbuhnya.

Untuk itu, Sekda meminta pihak BKPSDM dalam penerimaan CPNS kedepan untuk membuka formasi auditor dan melakukan verivikasi kembali terhadap PNS yang saat ini bertugas di Inspektorat dengan tujuan untuk menyaring kualitas dan kuantitas SDM PNS yang ada sesuai pensyaratan menjadi auditor. Hal tersebut dapat dilakukan melalui uji kompentensi jabatan pelaksana, kata Sekda Ardimartha.

Selain itu, Sekda berharap pihak Bappeda dan BPKD untuk mendukung perencanaan dan penganggaran bagi calon auditor dan pelaksanaan pengawasan auditor.

"Perencanaan dan penganggaran pendidikan dan pelatihan calon auditor memerlukan anggaran yang besar dalam rangka pelaksanaan pengawasan di 222 desa dan 45 perangkat daerah, serta perlu juga diperhatikan tunjangannya karena beban tugas yang dipikul sangatlah beresiko," katanya. (*)

Pada acara pelantikan dan pengukuhan serta pengambilan sumpah janji jabatan fungsional auditor Inspektorat tersebut turut dihadiri beberapa Kepala SKPK Nagan Raya, Aceh dan pejabat lainnya.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Imadudin Muhammad
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES