Pendidikan

KKN Unuja Probolinggo Ciptakan Payung Solar Charger

Kamis, 18 Februari 2021 - 21:22 | 43.16k
Dosen dan mahasiswa Unuja Probolinggo berpose di payung Solar Charger yang mereka ciptakan (foto: Humas Unuja)
Dosen dan mahasiswa Unuja Probolinggo berpose di payung Solar Charger yang mereka ciptakan (foto: Humas Unuja)

TIMESINDONESIA, PROBOLINGGO – Karya kelompok KKN Universitas Nurul Jadid atau Unuja Probolinggo, Jawa Timur, kini telah berhasil menciptakan payung Solar Charger, yang nantinya akan dioperasikan di sektor pariwisata.

Mahasiswa yang beranggotakan 17 orang ini telah membuahkan hasil yang bermanfaat untuk masyarakat luas. 

mahasiswa Unuja Probolinggo 2

Salah satu produk yang manfaatnya akan segera dapat dirasakan adalah terminal pengisian ulang daya listrik yang akan dipasangkan dengan unit solar panel, yang dirancang mirip payung sebagai peneduh luar ruangan. 

"Payung Solar Charger ini nantinya dapat dimanfaatkan oleh masyarakat luas, khususnya sebagai salah satu fasilitas penunjang di kawasan-kawasan pariwisata," kata Fadli, Wakil Rektor III Unuja kepada TIMES Indonesia, Kamis (18/2/2021).

Ia mengungkapkan, KKN berorientasi kebermanfaatan (outcome) yang digalakkan Unuja tampak semakin membuahkan hasil.

Fadly menyampaikan, payung Solar Charger merupakan karya kelompok KKN Unuja di bawah bimbingan Sulistiyanto, M.T., Dosen tetap sekaligus Ketua Prodi Teknik Elektro Unuja. 

"Para KKN Unuja ini berhasil menciptakan produk tersebut dalam satu minggu. Dan saat ini masih berhasil membuat satu unit Solar Charger, yang nantinya akan terus dikembangkan," ucapnya.

Menurut Fadli, pemanfaatan produk teknologi tepat guna seperti Payung Solar Charger itu, harus diprioritaskan untuk menunjang program-program pengembangan masyarakat, seperti di antaranya yang sedang digalakkan pada sektor pariwisata dan ekonomi kreatif.

mahasiswa Unuja Probolinggo 3

Unuja sambung Fadli, sedang menggalakkan sinergi dengan tiga kabupaten sekitar, yakni Probolinggo, Bondowoso dan Situbondo, dalam rangka melakukan percepatan pengembangan masyarakat melalui sektor pariwisata dan ekonomi kreatif. 

Ia berharap, agar civitas akademik dapat turut berperan dengan posisi dan fungsinya sebagai akademisi. Peran itu salah satunya dapat dilakukan dengan memperbanyak riset dan inovasi-inovasi berorientasi kebermanfaatan bagi masyarakat.

"Kami yakin, dengan payung Solar Charger yang berhasil diciptakan kelompok KKN Unuja Probolinggo ini akan sanagat membawa manfaat bagi masyarakat, baik Probolinggo dan luar Probolinggo," tutup Fadli. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Imadudin Muhammad
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES