Pendidikan

Kapanewon Nanggulan Kulonprogo Apresiasi Kegiatan KKN ITNY

Kamis, 18 Februari 2021 - 21:19 | 50.78k
Dosen ITNY menyerahkan wastafel portable kepada kantor kelurahan dan kantor Kapanewon Nanggulan, Kulonprogo. (FOTO: ITNY for TIMES Indonesia)
Dosen ITNY menyerahkan wastafel portable kepada kantor kelurahan dan kantor Kapanewon Nanggulan, Kulonprogo. (FOTO: ITNY for TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, YOGYAKARTA – Pemerintah Kapanewon/ Kecamatan Nanggulan, Kabupaten Kulonprogo, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) mengapresiasi palaksanaan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Institut Teknologi Nasional Yogyakarta (ITNY).

Hal ini karena peserta KKN yang mengusung tema Penerapan Teknologi di Masyarakat tersebut sangat membantu masyarakat. Apalagi, sejak ITNY menerjunkan peserta KKN pada 2018 ada banyak inovasi yang dibagikan kepada masyarakat.

Institut Teknologi Nasional Yogyakarta 2

Panewu Anom Nanggulan, Senija mengatakan, setidaknya ada 4 jenis output dari kegiatan KKN ITNY pada periode Ganjil TA 2020/2021. Yakni, para mahasiswa ITNY telah membuat sebuah video alur panduan permohonan informasi publik secara daring. Sehingga, video tersebut memudahkan masyarakat dalam melakukan permohonan layanan pemerintahan pada masa pandemi ini.

Berikutnya, pembuatan video potensi wisata yang ada di Kapanewonan Nanggulan sehingga dapat digunakan sebagai media untuk mempromosikan obyek wisata yang ada di Nanggulan. Selanjutnya, para mahasiswa ITNY membuat template banner sebagai media promosi kegiatan panewon yang dapat diupload melalui media sosial seperti facebook, instagram dan website resmi pemerintahan.

“Yang paling membanggakan, mahasiswa ITNY peserta KKN telah membuat peta citra satelit letak tanah kas desa untuk 4 desa yaitu Desa Kembang, Desa Jatisarono, Desa Tanjungharjo, dan Desa Banyuroto. Inovasi tersebut telah kami ikutkan pada ajang Innovative Government Award 2021,” terang Senija.

Kepala LPPMI ITNY, Dr Ani Tjitra Handayani ST MT menyampaikan terima kasih atas partisipasi mahasiswa KKN. Apalagi, kegiatan KKN dilakukan di tengah pandemic Covid-19. Di tengah situasi pandemi tersebut para mahasiswa bersama dosen pembimbing lapangan telah berhasil membantu mewujudkan penerapan teknologi di masyarakat.

Institut Teknologi Nasional Yogyakarta 3

“Program KKN ini merupakan kelanjutan dari program KKN semester Genap 2019/2020,” kata Ani.

Selain itu, dalam rangka mendukung pemerintah menanggulangi penyebaran Covid 19, ITNY juga memberikan fasilitas penerapan protokol kesehatan. Yaitu, wastafel portable yang diberikan di seluruh lokasi KKN. Wastafel portable tersebut didistribusikan ke kantor kelurahan dan kantor Kapanewon Nanggulan, Kulonprogo, Yogyakarta. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES