Indonesia Positif

BPBD Cilacap Sosialisasikan Mitigasi Bencana di Kecamatan Kesugihan

Kamis, 18 Februari 2021 - 20:15 | 39.84k
Sosialisasi mitigasi bencana di Kecamatan Kesugihan oleh BPBD Kabupaten Cilacap. (Foto: Pendim Cilacap For TIMES Indonesia)
Sosialisasi mitigasi bencana di Kecamatan Kesugihan oleh BPBD Kabupaten Cilacap. (Foto: Pendim Cilacap For TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, CILACAP – Wujudkan masyarakat tanggap terhadap bencana alam yang terjadi di wilayahnya, BPBD Kabupaten Cilacap melakukan sosialisasi dan penyebarluasan informasi potensi bencana alam di tahun 2021, Kamis (18/2/2021).

Kegiatan yang digelar di Pendopo Kecamatan Kesugihan ini, di hadiri Camat Kesugihan Basuki Priyo Nugroho, MSi, Bamin Komsos Koramil 06 Kesugihan Pelda Ruswadi berserta 2 orang anggota, Kasi Kesiap Siagaan BPBD Cilacap Kelik G, ST., ME.Mg., Kasi Pencegahan BPBD Cilacap Firman Bariyadi, SH, Kasi Penanganan Darurat BPBD Cilacap Teguh AM.Bst., Kasubag TU UPTD BPBD Cilacap Riyadi S.Sos., dan diikuti oleh Perwakilan Kades, Perangkat Desa dan Perwakilan BPD tiap desa yang ada di wilayah Kecamatan Kesugihan.

BPBD Cilacap 2

Camat Kesugihan dalam sambutannya menyampaikan bahwa setiap ada kejadian bencana alam di wilayah, diharapkan pemerintah desa dan masyarakat bisa lapor dengan cepat, termasuk juga kepada UPTD BPBD Kecamatan maupun BPBD Kabupaten agar HP selalu on call. Dengan kegiatan sosialisasi ini, dia berharap nantinya masyarakat menjadi tangguh dalam menghadapi bencana alam.

"Wilayah Kecamatan Kesugihan memiliki potensi bencana alam seperti Gempa Bumi, Tsunami, angin puting beliung maupun banjir, dengan kegiatan ini tujuannya agar masyarakat siap menghadapi berbagai potensi bencana, tanggap serta tangguh dalam menghadapinya," ujarnya.

BPBD Cilacap 3

Camat juga berharap untuk setiap desa agar mempunyai kader-kader tanggap bencana sehingga akan menginformasikan kembali kepada masyarakat di lingkungannya.

"Dengan kegiatan tanggap bencana BPBD Kabupaten Cilacap diharapkan pada saat terjadi bencana apapaun, masyarakat akan dengan cepat mengevakuasi secara mandiri sehingga mengurangi resiko korban diharapkan dapat meminimalisir kerugian yang diakibatkannya," jelasnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Imadudin Muhammad
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES