Ekonomi

Pulihkan Ekonomi, Pemkab Majalengka Paparkan Objek Wisata di Depan Menparekraf RI

Kamis, 18 Februari 2021 - 17:42 | 36.82k
Bupati Majalengka, Karna Sobahi menyerahkan paket ekonomi kreatif kepada Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI, Sandiaga Uno. Foto: Protokoler Pemda Majalengka for TIMES Indonesia
Bupati Majalengka, Karna Sobahi menyerahkan paket ekonomi kreatif kepada Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI, Sandiaga Uno. Foto: Protokoler Pemda Majalengka for TIMES Indonesia

TIMESINDONESIA, MAJALENGKAPemkab Majalengka bergerak cepat dalam menggerakkan perekonomian lewat sektor pariwisata dan ekonomi kreatif. Salah satunya dengan menemui Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI (Menparekraf RI), Sandiaga Uno.

Bupati Majalengka, Karna Sobahi mengatakan, saat ini Kabupaten Majalengka memiliki 186 Obyek Daya Tarik Wisata (ODTW) yang terdiri dari wisata alam, buatan dan budaya. Selain itu juga ada sebanyak 997 pelaku ekonomi kreatif dari berbagai sub sektor.

"Kemarin, kita telah memaparkan potensi obyek daya tarik wisata dan ekonomi kreatif di hadapan Pak Sandiaga Uno, selaku Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI di Gedung Sapta Pesona Kemenparekraf, Jakarta, " kata Karna Sobahi kepada TIMES Indonesia, Kamis (18/2/2021).

Selain itu juga, menurutnya, saat ini Pemkab Majalengka bersama Kodim 0617 Majalengka tengah melakukan peningkatan ekonomi kreatif melalui program Sereh Wangi Sugih Mukti.

Karna-Sobahi-2.jpg

"Di sini kita juga melibatkan pemberdayaan masyarakat. Karena dari sereh wangi bisa diolah jadi beberapa produk olahan seperti minyak angin, wedang uwuh, pewangi ruangan, pewangi pakaian, hand sanitizer dan lainnya," paparnya.

Bahkan, lanjut dia, untuk pengembangannya akan diadakan juga wisata edukasi peternakan. Dan saat ini sudah dibuat taman bunga serta sirkuit untuk motor trail. Sehingga akan memberikan dampak luar biasa bagi pertumbuhan ekonomi masyarakat.

Sementara itu, Sandiaga Uno menjelaskan Kemenparekraf telah melakukan koordinasi dengan 514 kepala dinas di 34 provinsi. Hal ini bertujuan untuk merangkul pelaku dunia usaha dan para komunitas yang menjadi tulang punggung dari Kementerian.

Selain itu, lanjutnya, di bidang pendidikan juga menjadi bagian penting. Karena industri pariwisata tidak terlepas dari sumber daya manusia.

"Kita harapkan hal ini dapat memperkuat kolaborasi untuk mengembangkan potensi Parekraf, sebagai upaya memulihkan kepariwisataan di tengah pandemi," jelas Menparekraf RI, Sandiaga Uno usai bertemu Pemkab Majalengka. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES