Wisata

Situ Bojongmengger Diplot Menjadi Wisata Desa Terbaru di Ciamis

Kamis, 18 Februari 2021 - 18:00 | 111.85k
Akses jalan menuju Situ Bojongmengger Ciamis (foto: Natasya/TIMES Indonesia)
Akses jalan menuju Situ Bojongmengger Ciamis (foto: Natasya/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, CIAMIS – Akses jalan di area danau atau Situ Bojongmengger sudah dibenahi. Situ ini merupakan satu-satunya yang berpotensi bisa menjadi wisata desa Bojomengger, Kabupaten Ciamis.

Situ Bojongmengger ini memamerkan keindahan alam yang bisa menjadi destinasi wisata desa terbaru di desa tersebut.

Situ Bojongmengger wisata desa 2

"Situ Bojongmengger ini baru pembenahan akses jalan yang memudahkan pengunjung ke sana. Kami belum bisa memastikan ke depannya akan menjadi destinasi wisata atau tidak. Soalnya, masih baru-baru ini proses pembenahannya," jelas Heri, Kepala Seksi Pemerintahan Desa Bojongmengger kepada TIMES Indonesia pada Kamis (18/2/2021).

Selain akses jalan, air di situ ini juga telah dikeruk untuk dibersihkan dari ranca (sawah yang ditanam dalam air situ). "Dulunya warga sekitar sini menggunakan dan menyebut situ ini dengan ranca," tambahnya.

"Kemungkinan rencananya akan dikelola oleh Bumdes (Badan Usaha Milik Desa), kalau sudah total dibenahi dan menjadi objek wisata. Kalau jadi objek wisata, kami juga berharap adanya pembangunan wahana air supaya bisa lebih menarik pengunjung," tuturnya.

Situ Bojongmengger wisata desa 3

Situ Bojongmengger yang berada di Kecamatan Cijeunjing ini memiliki kedalaman 2-3 meter. Luasnya diperkirakan 4-5 hektar. "Situ Bojongmengger ini benar-benar situ alami. Maka, situ ini punya mata air sendiri. Sehingga, jika musim kemarau tidak akan permah surut," paparnya.

Ia juga berharap Situ Bojongmengger ini bisa menjadi wisata desa yang memiliki daya tarik bagi wisatawan lokal Kabupaten Ciamis maupun luar kota. "Semoga kalau jadi destinasi wisata juga bisa memberdayakan masyarakat sekitar desa Bojongmengger ini," harapnya. (*)

CAPTION

Situ Bojongmengger di Desa Bojongmengger, Kecamatan Cijeunjing, Ciamis (foto: Natasya/TIMES Indonesia)

Situ Bojongmengger Ciamis (foto: Natasya/TIMES Indonesia)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES