Pendidikan UIN Malang

Guru Besar UIN Maliki Malang, Prof Asnawi Beri Kunci Sukses Ekonomi Syariah Indonesia

Kamis, 18 Februari 2021 - 16:04 | 58.34k
Prof Dr H Nur Asnawi M Ag saat menerima cinderatama. (Foto: Nadira Rahmasari/TIMES Indonesia)Prof Dr H Nur Asnawi M Ag saat dikukuhkan oleh Rektor UIN Maliki Malang, Prof Abdul Haris. (Foto: Nadira Rahmasari/TIMES Indonesia)
Prof Dr H Nur Asnawi M Ag saat menerima cinderatama. (Foto: Nadira Rahmasari/TIMES Indonesia)Prof Dr H Nur Asnawi M Ag saat dikukuhkan oleh Rektor UIN Maliki Malang, Prof Abdul Haris. (Foto: Nadira Rahmasari/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, MALANG – Guru Besar Bidang Ilmu Ekonomi Syariah UIN Maulana Malik Ibrahim Malang (UIN Maliki Malang), Prof Dr H Nur Asnawi M Ag, atau biasa dipanggil Prof Asnawi, merinci ada empat kunci sukses keberhasilan master plan ekonomi syariah Indonesia. 

Hal tersebut disampaikannya saat pidato ilmiah pengukuhannya di Rektorat Lantai 5 UIN Maliki Malang pada Rabu (17/2/2021) kemarin. Pidatonya berjudul 'Mendukung Masterplan Ekonomi Syariah Indonesia Melalui Internalisasi Pemasaran Syariah pada Industri Halal Strategis'.

Pertama, kata dia, adalah internalisasinya nilai-nilai syariah pada lini bisnis industri halal strategis yang meliputi niilai syariah pada produk, harga, saluran distribusi, promosi, pelaku bisnis, proses dan bukti fisik.

Prof Dr H Nur Asnawi M Ag aProf Dr H Nur Asnawi M Ag saat dikukuhkan oleh Rektor UIN Maliki Malang, Prof Abdul Haris. (Foto: Nadira Rahmasari/TIMES Indonesia)

"Kedua, berdasarkan studi BMI mengungkapkan bahwa internalisasi nilai-nilai syariah mampu menjadi corporate value yang membawa BMI menjadi pelopor bank syariah yang pertama murni syariah," katanya dalam paparan tertulis. 

Ketiga, agenda riset lanjutan dengan mendukung visi Indonesia sebagai pusat industri halal dunia, pengembangan studi yang lebih luas pada industry Halal strategis (Halal Food, Modest Fashion, Media dan Recreation, Muslim-Friendly Travel, Farmasi, dan Kosmetik).

Keempat, pengungkapan praktik nilai-nilai syariah pada industri halal strategis tersebut merupakan  isu baru yang outputnya sangat publishable pada jurnal-jurnal internasional bereputasi.

Guru besar kelahiran Blitar itu juga mengkaji peluang untuk mengembangkan ekonomi syariah di Indonesia. Salah satunya adalah gaya hidup halal semakin digemari karena kampanye yang masif pada media sosial.

Prof Dr H Nur Asnawi M Ag bProf Dr H Nur Asnawi M Ag saat dikukuhkan oleh Rektor UIN Maliki Malang, Prof Abdul Haris. (Foto: Nadira Rahmasari/TIMES Indonesia)

"Hal itu juga didukung oleh pesatnya perkembangan teknologi informasi yang mendorong peningkatan literasi dan edukasi," pungkasnya. 

Prof Asnawi sendiri meraih gelar guru besar bidang Ilmu Ekonomi Syariah di UIN Maliki Malang pada usia 50 tahun. Saat ini dia juga sedang menjabat Dekan Fakultas Ekonomi UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES