Ekonomi

Demi Investasi Jangka Panjang, Pemuda di Indramayu Ini Nekad Ajukan KPR Bersubsidi

Kamis, 18 Februari 2021 - 15:53 | 152.06k
Handhika Rahman, saat meninjau rumah yang akan ditempatinya bersama tim marketing.(Foto: Muhamad Jupri/TIMES Indonesia)
Handhika Rahman, saat meninjau rumah yang akan ditempatinya bersama tim marketing.(Foto: Muhamad Jupri/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, INDRAMAYU – Di usianya yang masih muda, Handhika Rahman (24) ternyata sudah mempersiapkan masa depannya. Salah satunya memiliki rumah impian. Dengan hanya bermodal nekad, dia mengajukan Kredit Perumahan Rakyat bersubsidi (KPR bersubsidi) di Pesona Citra Residence Indramayu.

Pemuda yang akrab disapa Dhika ini berkeinginan memiliki rumah sendiri, karena ingin berinvestasi jangka panjang. Menurutnya, harga rumah di tahun ini akan berbeda dengan tahun depan. Sehingga, dia berkeinginan untuk cepat-cepat mempunyai rumah sendiri, sebelum harganya meroket.

Butuh waktu lama bagi Dhika, hingga dirinya bisa memantapkan diri mengajukan KPR di Indramayu. Pasalnya, Dhika masih ber-KTP Cirebon, namun ditugaskan bekerja di Indramayu. Setelah menimbang-nimbang dan survei di beberapa tempat, akhirnya dia memantapkan diri untuk mengajukan KPR bersubsidi di Indramayu, bukan di Cirebon sesuai dengan KTP-nya.

Bermodal dari tabungan hasil bekerja di sebuah perusahaan media yang sudah mempunyai nama, dia mengajukan KPR bersubsidi di Pesona Citra Residence Indramayu, pada bulan Desember 2020. Pesona Citra Residence sendiri merupakan bagian dari Land Group yang bekerja sama dengan BTN Syariah sebagai bank penjamin KPR bersubsidi. Dipilihnya Pesona Citra Residence, karena lokasinya yang strategis, dan harga lebih murah.

Dhika mengaku, tabungannya yang pas-pasan tersebut dipergunakan untuk membayar down payment (DP) untuk booking rumah di Pesona Citra Residence Indramayu, dengan tipe 36/66. Tak ada pikiran apapun di dalam benaknya, hanya investasi ke depan saja yang masih tertanam di kepalanya.

"Kalau rumah itu investasi, harga rumah tahun ini beda sama tahun depan," jelasnya kepada TIMES Indonesia, Kamis (18/2/2021).

Saat ini, Dhika hanya menunggu proses akad saja. Karena berkas-berkas persyaratannya sudah terpenuhi semua. Dia pun mengaku tak ada kesulitan selama proses pengajuan dan memenuhi persyaratan.

Sebelumnya, dia menemui kendala saat akan mulai pengajuan, terutama DP. Namun, dengan dibantu oleh pihak Pesona Citra Residence Indramayu, apalagi dengan penjelasan yang diberikan mudah dipahami, maka dia bisa melewati semua itu, dan diberi kemudahan untuk membayar.

"Alhamdulillah tidak ada kesulitan, sekarang hanya menunggu akad saja," ungkapnya.

Dhika mengaku banyak ditanyai oleh teman maupun saudaranya, perihal mengapa memilih mengajukan KPR bersubsidi terlebih dahulu, padahal masih belum menikah. Namun, dirinya tidak mempersoalkan hal tersebut. Karena baginya, investasi rumah juga penting meskipun belum berumah tangga.

Dengan adanya rumah tersebut, lanjut Dhika, maka dia bisa mengajak keluarga atau pun temannya untuk menginap. Karena rumah bersubsidi tersebut mempunyai dua kamar.

Sebab selama ini, dia hanya tinggal di sebuah kosan di Indramayu. Dia pun agak kerepotan apabila ada keluarga atau temannya yang hendak menginap, lantaran hanya ada satu ruangan saja.

"Kalau punya rumah nanti kan enak satu kamar lain bisa dipakai kalau ada yang mau menginap," tuturnya.

Jika pun nantinya dia dipindah tugaskan ke tempat lain, maka rumah tersebut nantinya bisa dikontrakkan atau over kredit. Sehingga, dia akan tetap mendapatkan uang lagi.

"Kalau mau berumah tangga, itu harus ada rumahnya dulu sebelum ada tangga," kelakarnya.

Hal tersebut diamini oleh Marketing Pesona Citra Residence, Hadi Abdillah Lutfi. Memang banyak kalangan milenial yang masih belum menikah, yang mengajukan KPR bersubsidi di Pesona Citra Residence. Sebab, disamping murah, Pesona Citra Residence pun dinilai strategis, dan tidak begitu jauh dari pusat pemerintahan Kabupaten Indramayu.

Di samping itu, lanjutnya, komplek perumahan juga terbebas dari banjir. Pasalnya, dia sempat was-was lantaran musibah banjir yang melanda beberapa wilayah Indramayu. Namun untungnya, perumahan seluas 5,6 hektare tersebut tidak terendam banjir. Padahal, tak jauh dari lokasi perumahan, sudah terendam banjir.

"Alhamdulillah tempat ini gak kena banjir, walau sempat was-was saja," jelasnya.

Kini, sudah banyak yang mengajukan KPR di Pesona Citra Residence, dan hampir ter-booking semua. Kebanyakan adalah kaum milenial dan pasangan suami istri yang baru menikah. Biasanya, mereka yang mengajukan KPR di situ adalah mereka yang bekerja di Indramayu atau berdomisili di Indramayu.

Meskipun begitu, perumahan yang sudah ter-booking masih belum bisa ditempati, lantaran belum terpasang listrik. Selain itu, ruas jalan masuk juga masih belum diaspal. Sehingga, ketika semuanya sudah terpasang, maka sudah bisa ditempati dan menerima kunci.

Sedangkan menurut Financing Service BTN Syariah Indramayu, Arief Dermawan, KPR bersubsidi merupakan program pemerintah dalam rangka membantu masyarakat untuk bisa memiliki rumah sendiri, dengan harga terjangkau. Meskipun di masa Pandemi Covid-19 saat ini, semua sektor mengalami penurunan, namun permintaan akan rumah KPR justru ada kenaikan.

Pasalnya, KPR bersubdisi di wilayah Indramayu tidak mengalami kenaikan, dibandingkan dengan masa sebelum adanya Pandemi Covid-19. Karena itu, banyak masyarakat yang menginvestasikan tabungannya untuk membeli rumah bersubsidi, seperti yang ada di Pesona Citra Residence Indramayu.

"Banyak yang mengajukan rumah bersubsidi, karena memang harganya lebih terjangkau dibandingkan dengan rumah komersil," ujarnya.

Karena itu, Bank BTN menggandeng Pesona Citra Residence Indramayu maupun perumahan lainnya, mewujudkan harapan masyarakat dalam program KPR Bersubsidi. Dengan demikian, masyarakat bisa mendapatkan hunian yang layak, dengan harga yang terjangkau dan tidak mencekik leher.

"Apalagi di masa Pandemi Covid-19 saat ini sedang membuat perekonomian menurun. Hadirnya KPR Bersubsidi dari BTN, bisa membantu masyarakat mewujudkan rumah impian mereka," ujarnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES