Pendidikan

UIN Maliki Malang Masuk 10 Kampus Islam Terbaik Dunia Versi UniRank

Kamis, 18 Februari 2021 - 15:16 | 119.85k
UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. (Foto: Naufal Ardiansyah/TIMES Indonesia)
UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. (Foto: Naufal Ardiansyah/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, MALANG – UIN Maulana Malik Ibrahim Malang (UIN Maliki Malang) berhasil masuk 10 kampus Islam terbaik di dunia versi UniRank.

Dalam rilis yang dikeluarkan Uni Rank, UIN Maliki Malang berada di peringkat 9 dan unggul dari Universitas Islam Indonesia (UII) yang berada di peringkat 10.

Sebagai lembaga pembuat ranking perguruan tinggi internasional yang berbasis di Sydney, UniRank setiap tahunnya melakukan penilaian dan merilis perguruan tinggi terbaik di dunia.

UIN Maulana Malik Ibrahim Malang b

Beberapa kriteria penilaian internal UniRank adalah perguruan tinggi tersebut diakui dengan sertifikat atau akreditasi dari lembaga terkait di masing-masing negara, menawarkan paling tidak 4 tahun sarjana dan Pascasarjana (magister dan doktor) serta menyampaikan mata kuliah dalam kurikulum tradisional, tatap muka dan format pendidikan jarak jauh.

Rektor UIN Malang Prof Dr Abdul Haris bersyukur atas pencapaian Kampus Ulul Albab ini. Menurutnya, pencapaian prestasi tingkat dunia ini tidak didapat secara instan tapi melalui proses yang sangat panjang.

"Ini adalah energi baru untuk terus meningkatkan kualitas kita semua, baik mahasiswa, dosen, alumni dan seluruh civitas akademika UIN Maulana Malik Ibrahim Malang," katanya, Kamis (18/2/2021).

Di Malang, Jawa Timur, hanya ada dua kampus Islam yang masuk peringkat 10 besar, yakni Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) yang menduduki peringkat 1 dan UIN Maulana Malik Ibrahim Malang di posisi kesembilan.

UMM unggul dari kampus-kampus Islam ternama lainnya yaitu Iran University of Science and Technology di posisi kedua, dan Cairo University di urutan ketiga.

UniRank merilis sekita 408 perguruan tinggi Islam di dunia. Salah satunya adalah UIN Maliki Malang yang masuk di peringkat 9 kampus Islam terbaik di dunia. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES