Pendidikan

UIN Maliki Malang Tambah 3 Prodi Pascasarjana

Kamis, 18 Februari 2021 - 08:44 | 69.69k
Pamflet pembukaan 3 prodi baru UIN Maliki Malang. (Foto: Humas UIN Maliki Malang)
Pamflet pembukaan 3 prodi baru UIN Maliki Malang. (Foto: Humas UIN Maliki Malang)

TIMESINDONESIA, MALANG – Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang (UIN Maliki Malang) tambah 3 Program Studi (Prodi) Pascasarjana di awal Tahun 2021.

Tiga Prodi tersebut adalah Program Doktor Hukum Keluarga Islam, Program Doktor Ekonomi Syariah, dan Pendidikan Profesi Guru (PPG).

"Baru kemarin Selasa (16/2/2020) pendaftaran 3 Prodi Baru dibuka dan pada Rabu (17/2/2021) akan dibentuk panitia penerimaan," ujar Prof. Dr. Abdul Haris, M.Ag, Rektor UIN Maliki Malang kepada para wartawan, Rabu (17/2/2021).

Abdul Haris menuturkan, turunnya SK Prodi juga dipengaruhi oleh pertambahan Guru Besar di UIN Maliki Malang karena syarat-syarat di Prodi S3 yaitu setiap prodi S3 harus mempunyai Guru Besar. Program Pascasarja tersebut dibuka dengan jalur mandiri dan dalam setahun terdapat dua kali penerimaan mahasiswa baru.

"Tahun ini kira-kira karena yang turun sudah tiga dan yang akan turun tiga juga. Jadi yang turun ada enam. Kira-kira target tahun ini akan ada antara 9 sampai 15 Prodi S2 dan S3 yang akan turun," sambungnya.

Abdul Haris juga menuturkan, Prodi Pascasarjana yang akan menyusul yaitu Program Doktor Studi Islam, Bahasa dan Sastra Arab, Pendidikan Matematika, Teknologi Informasi (TI), dan Psikologi. Prodi-prodi tersebut akan UIN Maliki Malang dorong untuk mengajukan S3. Adapula Program Sarjana yang juga akan menyusul yaitu S1 Ilmu Pengetahuan Alam (IPA).

"Jadi  kalau itu iya, maka percepatan operasional S2 dan S3 ini akan lebih bagus karena pekan depan itu UIN Maliki Malang ini akan membina 60 persen Pasca artinya S2 dan S3 dan 40 persen S1," Prof. Dr. Abdul Haris, M.Ag, Rektor UIN Maliki Malang ini. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES